Menkominfo Lantik Dirjen Aptika Yang Baru, Ini Pesannya Soal Pusat Data:

    “Lalu penuntasan sejumlah regulasi di bidang Aptika seperti Aturan Pelaksana UU PDP. Serta Permenkominfo tentang PSE Publik, pengembangan ekosistem ekonomi digital, dan peningkatan literasi digital,” ucapnya.

    Sebagai penutup, Menkominfo berharap Hokky Situngkir dapat mengemban tugas dengan baik dan optimal.

    Baca juga: Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani Mundur dari Jabatan Buntut PDNS Bocor

    “Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bapak Ismail yang telah mengemban tugas sebagai Plt. Dirjen Aptika selama kurang lebih 2 minggu terakhir,” ucapnya.

    Seperti diketahui, Dirjen Aptika sebelumnya Semuel Abrijani Pangerapan mengumumkan pengunduran dirinya gara-gara penyerangan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 oleh hacker.

    “Saya menyatakan bahwa per tanggal 1 Juli kemarin saya sudah mengajukan surat pengunduran diri secara tertulis  dan suratnya sudah saya serahkan kemarin kepada Menteri Kominfo. Terima kasih atas kerja samanya selama ini,” kata Semuel pada Kamis (04/07/2024) lalu.

    Semuel yang sudah bekerja sebagai Dirjen Aptika selama 8 tahun itu juga meminta maaf atas peretasan itu. Dia berharap kasus tersebut bisa dia selesaikan.

    Baca juga: Sering Ada Konten Pornografi, Dirjen Aptika Kominfo Kaji Pemblokiran X

    “Harusnya selesai di saya karena ini adalah masalah yang harusnya saya tangani dengan baik. Itu alasan utamanya,” ujarnya.

    Peretasan PDNS 2 dilakukan oleh ransomware Lockbit 0.3 yang berimbas pada 210 server milik lembaga dan instansi baik pusat maupun daerah. Peretas sempat meminta uang tebusan USD 8 juta atau setara Rp 131 miliar namun diabaikan pemerintah. (Sidik Purwoko)

    Baca Juga :   OPM Bebaskan Pilot Maskapai Susi Air Tanpa Tebusan Hanya Gara-Gara Ini?

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI