Tim Mobil Listrik Hemat Energi UGM Raih Juara di Ajang Shell Eco-marathon Asia Pasifik dan Timur Tengah 2024

     

    WARTABANJAR.COM, YOGYAKARTA – Tim Mobil Listrik Hemat Energi SEMAR tim Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta meraih sukses di ajang bergengsi Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2024 dengan menyabet dua gelar.

    Agenda tersebut diselenggarakan dari tanggal 2 hingga 6 Juli 2024 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

    Shell Eco-marathon adalah kompetisi global untuk kendaraan hemat energi yang dirancang oleh mahasiswa untuk mempromosikan solusi transportasi berkelanjutan.

    Baca juga:Mahasiswa UGM Mau KKN, Menteri PUPR: Jaga Nama Almamater

    Tahun ini, lebih dari 75 tim dari 14 negara di Kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah, termasuk Indonesia, Singapura, Korea, India, China, Malaysia, dan Qatar ambil bagian dalam ajang tersebut.

    Dalam kategori Prototype Battery Electric, tim Semar UGM menunjukkan keahliannya dengan menunjukkan efisiensi sebesar 903 km/kWh, sehingga mengamankan posisi kedua.

    Semar UGM juga berpartisipasi dalam kategori Urban Concept Hydrogen Fuel Cell sebagai satu-satunya perwakilan dari Indonesia.

    Mereka mencapai skor efisiensi sebesar 178 km/m³, dan berhasil mendapatkan posisi pertama dengan mengalahkan berbagai tim dari universitas ternama di Asia seperti KUST dari Korea Selatan, LH-EV dari Vietnam, dan UiTM dari Malaysia.

    Pernyataan dari Direktorat Kemahasiswaan juga menyebutkan, Semar UGM juga meraih juara pertama pada penghargaan off-track untuk sistem data dan telemetriserta berhasil meraih juara ketiga di kejuaraan regional.

    “Prestasi ini bukanlah akhir dari perjalanan Semar, melainkan awal yang baru untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi, terutama tahun depan di mana Semar berencana untuk mengikuti Shell Eco-marathon Asia Pasifik dan Timur Tengah di Qatar,” tulisnya dalam pernyataan dikutip wartabanjar.com, Rabu (10/7/2024).

    Baca Juga :   Penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut Disorot, Kementerian PMK Beri Catatan Untuk NTT-NTB

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI