670 Orang Tewas di Bencana Longsor Papua Nugini, Indonesia Siapkan Bantuan

    WARTABANJAR.COM, PAPUA NUGINI – Bencana tanah longsor di Provinsi Enga, Papua Nugini menewaskan 670 orang dan 1.250 orang mengungsi pada 24 Mei 2024 lalu.

    Menurut pengecekan yang dilakukan oleh KBRI Port Moresby dan tidak ada WNI yang menjadi korban dalam peristiwa ini.

    Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan Pemerintah Indonesia segera mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk Papua Nugini.

    Baca Juga

    Kemenag Buka Pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi 

    Hal itu diputuskan dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Bantuan Kemanusiaan Pemerintah Indonesia untuk Bencana Tanah Longsor di Papua Nugini.

    Bantuan yang dikirim sesuai dengan kebutuhan masyarakat korban terdampak bencana. Melalui keterangan resmi yang diterima InfoPublik Selasa (2/7/2024) Menko Muhadjir mengatakan total bantuan kurang lebih Rp17,9 miliar (US$1 juta) menggunakan Dana Siap Pakai (DSP) dari BNPB.

    Bantuan dari luar negeri sudah berdatangan dan kita akan memperkuat berikan bantuan. Yang akan kita berikan dengan berbagai macam bantuan, terutama bantuan kesehatan yang sangat dibutuhkan untuk para korban,” kata Menko Muhadjir.

    Untuk waktu pengiriman akan dilakukan segera oleh BNPB, mengingat kejadian bencana sudah berlangsung sekitar sebulan yang lalu. Selain itu, mempertimbangkan akan ada kunjungan dari Perdana Menteri Papua Nugini ke Indonesia 14-15 Juli 2024.

    Ia menegaskan bahwa rencana pengiriman bantuan dilakukan pada 8 Juli 2024 mendatang yang dipimpin Kepala BNPB melalui Bandara Halim Perdanakusuma dan akan dikirimkan ke Bandara Jacksons di Port Moresby.

    Baca Juga :   Pendeta Gilbert Diperiksa Polda Metro Terkait Laporan Penistaan Agama

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI