Cek Fakta Presiden Jokowi Minta Kasus Vina Diselesaikan, Ancam Pecat Polri

    WARTABANJAR.COM – Viral Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuntut agar kasus Vina segera diselesaikan dengan ancaman pemecatan anggota Polri di Cirebon.

    Faktanya, video pidato Jokowi terlihat di unggahan TikTok tersebut bukan membahas mengenai kasus pembunuhan Vina Cirebon.

    Aslinya, video Jokowi tersebut membahas tentang pemerintah yang.membuka kembali ekspor minyak goreng pada Mei 2023.

    Baca Juga

    Polisi Ungkap Pelaku Perundungan di Kemuning Banjarbaru 

    Akun TikTok @fyprandomss, mengunggah video yang mengklaim Presiden Jokowi mengancam memecat Kapolri jika kasus pembunuhan Vina Cirebon tidak terpecahkan.

    Pada video itu, tampak dua penggalan video yaitu Jokowi menggunakan kemeja putih dan tersangka Pegi Setiawan saat diwawancarai oleh wartawan.

    Pidato Jokowi menggunakan kemeja
    putih tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan kasus pembunuhan Vina di Cirebon.

    Setelah dilakukan penelusuran Google Image Search, Pidato Jokowi pada unggahan tersebut membahas tentang pemerintah yang membuka kembali ekspor minyak goreng pada Mei 2023.

    Video aslinya dapat dilihat ada kanal YouTube Tribunnews yang berjudul “Pernyataan Presiden Jokowi terkait Pembukaan Kembali Ekspor Minyak Goreng” pada Mei 2022 lalu.

    Saat itu Jokowi memerintahkan aparat untuk melakukan penyelidikan terhadap tindakan pelanggaran dan penyelewengan ekspor minyak goreng.

    Dapat disimpulkan bahwa klaim video Jokowi pidato yang mengancam Kapolri akan dipecat, jika kasus pembunuhan Vina Cirebon tidak tuntas adalah salah. Unggahan TikTok tersebut merupakan konten yang menyesatkan. (atoe/humas)

    Baca Juga :   Hasyim Asyari Sempat Buat Surat Pernyataan Akan Nikahi Wanita PPLN Belanda yang Disetubuhinya

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI