Projo: Desakan Mundur Menkominfo Dari Residu Pilpres 2024 Lalu

    Baca juga: Data Pemilik 3 Rumah Hangus di Desa Sungai Rukam 1 Tabalong

    “Hasil monitoring kami menunjukkan bahwa kelompok tokoh ini berasal dari sisa-sisa pendukung capres yang kalah pada pilpres Februari 2024 lalu,” ujar Handoko.

    Sebelumnya, Kepala Divisi Akses Atas Informasi SAFEnet Unggul Sagena mengatakan lumpuhnya Pusat Data Nasional (PDN) oleh peretas adalah akibat kelalaian Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengangkat Budi Arie menjadi Menkominfo.

    Diketahui, PDN mengalami gangguan atau down pada Kamis (20/6/2024). Gangguan yang diduga berasal dari serangan ransomware peretas ini berdampak pada layanan publik yang terintegrasi seperti layanan Imigrasi.

    Baca juga: Projo Rilis Delapan Calon lagi di Pilkada Serentak 2924

    Gangguan juga terjadi pada beberapa sistem penting Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, sehingga terjadi penundaan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di beberapa wilayah.

    Kemudian pada Sabtu (23/6/2024) kebocoran data dari sistem Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (INAFIS) Polri terungkap di forum peretas. Beberapa hari berselang, dugaan serangan ke BAIS TNI mencuat ke publik.(Sidik Purwoko)

    Editor: Sidik Purwoko

    Baca Juga :   Setelah Dipecat DKPP, Hasyim Asy'ari Terancam Dipidanakan

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI