Pemerintah Optimis Bisa Kurangi Sampah Plastik di Laut

    WARTABANJAR.COM, PADANGKementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) optimistis sampah plastik yang saat ini mengendap dan mencemari laut akan mampu dikurangi 70 persen. Upaya itu merupakan target pemerintah hingga 2025 mendatang.

    “Target Indonesia sampai dengan 2025 sampah plastik di laut sudah bisa kita kurangi,” kata Plt Sekretaris Deputi (Sesdep) Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kemenko Marves Aniza di Padang, Selasa (25/06/2024).

    Aniza mengatakan, target tersebut tergolong besar dan ambisius. Namun pemerintah khususnya instansi terkait, harus berani mematok target lebih untuk menjamin ekosistem bawah laut dari ancaman polusi kotoran plastik.

    Baca juga: Cek Ramalan Zodiak Karir Mingguan Aries-Cancer, Jelajahi Dulu Minat dan Pekerjaan

    Berdasarkan data yang diperoleh Kemenko Marves, pada 2023 terdapat sekitar 12,87 juta ton sampah plastik yang tersebar di perairan laut Indonesia. Pemerintah melalui berbagai kebijakan termasuk lewat “Misi Indonesia 2024”, salah satunya fokus mengkaji sampah dan mikro plastik yang terkandung di laut Indonesia.

    Dari rangkaian penelitian organisasi nirlaba eksplorasi laut global OceanX bersama BRIN, peneliti menemukan di kedalaman tertentu sampah plastik namun tidak sebanyak di negara lain.

    Meskipun dibanding negara lain volume sampah plastik Indonesia tidak sebesar negara lain, namun Aniza menegaskan pencegahan serta solusi sampah itu harus segera disiapkan.

    Baca juga: HUT Bhayangkara ke-78, Kapolri Lepas Ratusan Ribu Paket Sembako

    Baca Juga :   Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani Mundur dari Jabatan Buntut PDNS Bocor

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI