BI Prediksi Ekonomi Global Tumbuh 3,2 Persen Tahun Ini

    WARTABANJAR.COM, JAKARTABank Indonesia (BI) memprediksi ekonomi global tumbuh mencapai 3,2 persen pada 2024. Prediksi tersebut dirasa lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya.

    “Pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2024 diperkirakan mencapai 3,2 persen, lebih tinggi dari perkiraan awal terutama dengan lebih baiknya pertumbuhan India dan Tiongkok,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam Pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur BI Bulan Juni 2024 di Jakarta, Kamis (20/06/2024).

    Perry menekankan ketidakpastian pasar keuangan global tetap tinggi di tengah prospek perekonomian dunia yang lebih kuat.

    Baca juga: Wapres Usul Bansos Dicabut Jika Dipakai Judi Online Lagi

    Ekonomi Amerika Serikat tumbuh kuat ditopang oleh perbaikan permintaan domestik dan peningkatan ekspor dengan penurunan inflasi yang masih berjalan lambat.

    “Kondisi ini mendorong Fed Funds Rate diperkirakan baru akan turun pada akhir tahun 2024,” ujarnya seperti dikutip Wartabanjar.com.

    Sementara itu, European Central Bank telah menurunkan suku bunga kebijakan moneternya lebih cepat sejalan dengan tekanan inflasi yang lebih rendah.

    Baca juga: Pelajar MAN 3 Banjar Dikabarkan Tenggelam di Danau di Kawasan Landasan Ulin

    Menurut dia, divergensi kebijakan moneter negara maju tersebut dan masih tingginya ketegangan geopolitik menyebabkan ketidakpastian pasar keuangan global tetap tinggi.

    Berbagai perkembangan tersebut dan dengan tingginya imbal hasil (yield) US Treasury menyebabkan menguatnya nilai tukar dolar Amerika Serikat sehingga meningkatkan tekanan pelemahan nilai tukar berbagai mata uang dunia dan menahan aliran masuk modal asing ke negara berkembang.

    Baca Juga :   Bank Kalsel Sumbang 8.000 Bibit Mangrove di Hari Lingkungan Hidup se Dunia

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI