Jokowi Klaim Proyek IKN Ramah Lingkungan, NASA Ungkap Fakta Sebaliknya

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Fakta mengejutkan diungkap NASA terkait proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

    Hasil foto satelit NASA menunjukkan perubahan signifikan pada hutan di Kalimantan Timur antara April 2022 dan Februari 2024, dengan banyak lahan terbuka dan hutan yang berubah menjadi jalan.

    Hal ini menimbulkan keraguan tentang konsep hijau yang diusung untuk IKN.

    Fakta ini berbanding terbalik dengan pernyataan Presiden Jokowi yang mengklaim bahwa pembangunan IKN Nusantara mengedepankan faktor lingkungan, meskipun awalnya terjadi deforestasi.

    Baca juga: Rupiah Makin Keok Terhadap Dolar: Jokowi Ketar-ketir, Apindo Resah Biaya Makin Berat

    Bhima Yudhistira, Direktur Eksekutif Celios, dilansir Inilah.com, menyebut klaim Jokowi bahwa IKN akan menjadi ibu kota terhijau di dunia sulit dipercaya, karena proyek senilai Rp466 triliun itu justru menyebabkan penggundulan hutan.

    Sebelumnya Jokowi menegaskan bahwa IKN akan menjadi ibu kota terhijau di dunia jika tetap berpegang pada konsep awal pembangunannya.

    Dia juga mengapresiasi kota-kota seperti Balikpapan dan Surabaya yang sudah mulai mengusung konsep hijau, dan meminta kota-kota lainnya mengikuti jejak mereka. (berbagai sumber)

    Editor: Erna Djedi

    Baca Juga :   Driver Ojol Antar Paket Minuman dan Mi Instan Berisi Narkoba, Begini Ceritanya

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI