Kalsel Sediakan 27.959 Sapi Kurban Idul Adha

    WARTABANJAR.COM – Ketersediaan hewan kurban di Kalimantan Selatan (Kalsel) sebanyak 27.959 ekor yang terdiri dari 19.403 ekor sapi potong, 1.103 ekor kerbau, 7.371 ekor kambing, dan 82 ekor domba.

    Pengusaha Sapi Kurban, Mansyur menyampaikan di 2024 penampungannya telah menyiapkan sekitar 600 ekor sapi.

    Untuk keperluan kurban, sapi-sapi tersebut dibeli dari peternak lokal dan didatangkan dari Madura serta Nusa Tenggara dengan jenis sapi limousin dan Bali.

    Baca Juga

    Amalan Sunnah Hari Arafah, Baca Al Ikhlas 1.000 Kali

    Mansyur menegaskan bahwa sapi-sapinya sudah divaksinasi dan diberi vitamin oleh dokter hewan.

    “Sapi-sapi disini sudah disuntik vaksin dan diberi vitamin oleh dokter hewan, Insya Allah kondisi kesehatan sapi aman,” ujarnya.

    Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Kalsel, Suparmi menyampaikan dengan kebutuhan sapi sebanyak 19.350 ekor, kerbau 647 ekor, kambing 1.788 ekor dan domba 11 ekor.

    “Hewan kurban di Kalsel tidak hanya berasal dari wilayah sendiri, tetapi masih ada yang didatangkan dari luar wilayah Kalsel yang tentunya harus diawasi dan dipastikan aman dari berbagai penyakit,” ujar Suparmi, Banjar, Minggu (16/6/2024).

    Sesuai arahan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Disbunnak berserta jajaran terus melakukan upaya peningkatan kewaspadaan terhadap penyakit mulut dan kuku, penyakit kulit berbenjol (lumpy skin disease/ LSD), dan penyakit hewan menular lainnya baik yang bersifat zoonosis ataupun tidak.

    Untuk harga sapi, dipatok mulai dari Rp30 juta hingga ratusan juta tergantung jenis dan berat sapi. (MC Kalsel)

    Baca Juga :   35 Personel Polres Tanah Bumbu Menerima Kenaikan Pangkat

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI