Menuju Pelayanan Transportasi Listrik Di Jabodetabek, Begini Kata Pakar

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Menuju pelayanan transportasi listrik di Jabodetabek 2029, sebanyak 552 bus listrik dipesan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dari Program Insentif Kendaraan Listrik sebesar Rp 12,3 triliun. Bus tersebut dapat diberikan untuk dioperasikan di 1.824 perumahan kelas menengah dan bawah di Kawasan Bodetabek dalam upaya mengisi kekosongan layanan angkutan umum di kawasan perumahan.

    Djoko Setijowarno, Wakil Ketua Pemberdayaan dan Pengembangan Wilayah Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat mengatakan, terciptanya sistem transportasi perkotaan berbasis angkutan umum massal yang terintegrasi menjadi satu strategi utama meretas tantangan transportasi di Jabodetabek saat ini. Hal itu menyangkut tingginya penggunaan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil.

    “Integrasi layanan transportasi yang efektif, efisien, aman dan nyaman, serta terjangkau oleh masyarakat. Diharapkan hal itu mempu membuat pergerakan orang yang menggunakan angkutan umum massal di Jabodetabek mencapai 60 persen di akhir 2029 sesuai target Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ),” kata Djoko seperti dikutip Wartabanjar.com.

    Baca juga: Dua Biawak Meresahkan Masuk Rumah Warga di 2 Lokasi Berbeda di Kabupaten Banjar

    Untuk mewujudkannya diperlukan fasilitas angkutan umum ke semua hunian di wilayah Jabodetabek yang berjumlah 2.010 kawasan perumahan. Harus diupayakan untuk menyediakan layanan berdasarkan tingkat keterjangkauan masyarakat yang dilihat dari harga tempat tinggal.

    “Adapun sasaran dalam jangka pendek Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) adalah perumahan kelas menengah ke atas yang jumlahnya 158 kawasan (harga per unit rumah di atas Rp 2 miliar). Layanan angkutan umum JRC (Jabodetabek Residence Connexion) baru ada di 23 perumahan kelas atas (19,7 persen),” papar Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata itu.

    Baca Juga :   Nadiem Makarim Masuk Radar PDIP Untuk Pilgub Jakarta

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI