Acil Odah Pimpin Rakor untuk Tingkatkan Derajat Kesehatan dan Produktivitas Pekerja

    Dimana didalamnya terdapat mayoritas pekerja, anak sekolah/mahasiswa dan masyarakat umum lainnya. Usia produktif merupakan tulang punggung keluarga, aset negara dan sebagai penggerak ekonomi bangsa, serta sebagai pencetak generasi penerus bangsa.

    “Setiap jenis dan tempat kerja mempunyai risiko yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang bisa mengakibatkan pekerja tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, sehingga terjadi penurunan produktifitas kerja, yang akan merugikan perusahaan atau menghambat karir pekerja tersebut,” ujar Raudhatul.

    Selain itu pekerja juga mempunyai peran penting dalam kesehatan keluarga. Pekerja akan menentukan pemenuhan gizi keluarga, health literacy pada keluarga hingga pembiasaan pola hidup yang sehat pada keluarga.

    Disisi lain pekerja juga berada pada masa reproduktif akan berkontribusi terhadap pencapaian dan memiliki daya ungkit yang tinggi terhadap penurunan angka kematian ibu dan bayi, stunting, penyakit menular, penyakit tidak menular serta permasalahan kesehatan masyarakat lainnya. Sehingga segala sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi sangat penting diintervensi pada populasi ini.

    “Kedepan diharapkan melalui kegiatan ini dapat memengoptimalkan peran perempuan, lintas sektor, lintas program serta petugas Puskesmas maupun pengelola Dinkes kabupaten/kota dalam pengelolaan pelayanan kesehatan kerja dan olahraga serta memberikan peningkatan pengetahuan tentang pelayanan kesehatan kerja dan olahraga,” jelas Raudhatul. (ernawati/mc)

    Editor: Erna Djedi

    Baca Juga :   RS Pertamina Tanjung Perkenalkan Ruang Rawap Inap Baru

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI