Pasang Lampu Merah untuk Atasi Macet, Dishub Banjarbaru Telan Anggaran Lebih dari Rp3 Miliar

    WARTABANJAR.COM, BANJARBARU- Untuk mengurai kemacetan, khususnya saat akhir pekan, Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru akan memasang Area Traffic Control System (ATCS) atau lampu merah di sekitar Tugu Adipura dan Samsat Banjarbaru.

    Proyek ini menelan dana APBD lebih dari Rp3 miliar.

    Kepala Bidang Pengembangan dan Teknologi Dishub Banjarbaru, Rahmat Hidayat menjelaskan dua pemasangan lampu merah tersebut dipastikan rampung paling lambat akhir tahun ini.

    “Lampu merah di depan Samsat Banjarbaru kami pastikan bulan Juni 2024 sudah dipasang, kalau di depan Tugu Adipura paling lambat akhir tahun,” ujarnya, Jumat (3/5/2024) lalu.

    Biaya kedua pemasangan tersebut Rp3,5 miliar, yaitu yang di depan Samsat Banjarbaru Rp1,7 miliar dan di depan Tugu Adipura Rp1,8 miliar.

    Akibat pemasangan itu, median jalan akan dibongkar dan sejumlah pohon akan dipangkas.

    Kawasan Jalan Pangeran Suriansyah yang rencananya akan dipasangi lampu merah oleh Dishub Banjarbaru. Foto: Wartabanjar.com/Nurul Octaviani

    Kemudian Halte Kolam Renang Banjarbaru milik Dishub Provinsi Kalimantan Selatan akan digeser.

    Tidak hanya itu, sejumlah U Turn atau belokan di median jalan di Banjarbaru akan ditutup secara permanen oleh Dishub Banjarbaru.

    Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dishub Banjarbaru, Adi Royan beberapa waktu lalu mengatakan sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas jika lampu merah tersebut sudah terpasang.

    Beberapa U-Turn yang akan ditutup di kawasan Jalan Panglima Batur, di antaranya U-Turn di depan Samsat Banjarbaru dan U Turn di depan BPSDM Kalsel.

    Baca Juga :   Korban Kebakaran Alalak Tengah, Bahrudin Tak Sempat Selamatkan Harta

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI