Kemenhub Himbau Pemudik Balik Weekend, Begini Alasannya

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Kementerian Perhubungan mengimbau para pemudik agar pulang pada Jumat  (12/04/2024) atau Sabtu (13/04/2024) ini. Himbauan itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di KM 70 Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Kamis (11/04/2024).

    Menurut Menhub, dirinya menyampaikan anjuran Presiden Joko Widodo (Jokowi), agar pemudik kembali pada hari itu.

    “Oleh karenanya, seperti anjuran Presiden waktu itu agar kembali lebih awal. Kalau bisa besok atau Sabtu,” ujar Budi seperti dikutip Wartabanjar.com.

    Menurutnya, anjuran tersebut mengingat arus balik pada dua hari itu masih sepi dan tidak akan menyebabkan kepadatan. Karena menurut prediksi, puncak arus balik ada pada H+3 atau Minggu (14/04/2024) dan H+4 atau Senin (15/04/2024).

    “Karena Minggu dan Senin itu pasti terjadi satu kenaikan yang besar,” katanya.

    Kemenhub bersama Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas Polri), PT Jasa Marga dan pihak terkait sudah mulai mempersiapkan agar tidak terjadi kepadatan saat arus balik.

    Baca juga: KNKT: Grand Max Yang Celaka di Tol Japek Travel Gelap, Micro Sleep dan Lebihi Muatan

    “Nah oleh karenanya, kita memang harus mengelola hari-hari yang sudah ada. Kita ada empat hari, mulai besok sampai hari Senin, hari Selasa sudah masuk. Puncaknya diperkirakan adalah hari Minggu dan hari Senin,” jelas Budi.

    Selain itu, Budi juga menyebutkan titik rawan kepadatan biasa terjadi di daerah Salatiga sampai ke Semarang.

    “Karena dari Jogja, Surakarta, Ngawi, dan Madiun itu bertumpuk di sana. Bahkan juga dari Demak dan sebagainya,” ucapnya.

    Baca Juga :   Puan Bocorkan Peluang PDIP Gabung Kabinet Prabowo-Gibran, Begini Katanya:

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI