Program Naturalisasi Erick Thohir Disebut-Sebut Tingkatkan Kualitas Timnas, Benarkah?

WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Program naturalisasi yang dicanangkan Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir disebut-sebut sebagai penyebab meningkatnya kualitas anak asuh couch Shin Tae-yong. Benarkah? Bukannya justru memperkecil kesempatan pemain lokal untuk tampil?

Begini. Menurut STY, program naturalisasi di bawah kepemimpinan Erick Thohir, justru makin memperkuat skuad Garuda untuk bisa bersaing lebih baik. Alasannya, peran pemain naturalisasi terbukti mampu meningkatkan kualitas dan warna baru, sehingga memperkuat skuad timnas.
“Dengan adanya pemain naturalisasi menjadikan timnas semakin kuat,” kata STY dalam keterangan tertulis yang dikutip http://Wartabanjar.comdi Jakarta, Rabu.
Dengan program naturalisasi yang dilakukan PSSI, dirinya memiliki banyak alternatif dalam menentukan pemain. Karena kedalaman tim dengan kualitas yang mumpuni telah tersedia dari pemain naturalisasi. STY mengaku lebih leluasa untuk memilih skuad dibanding sebelumnya.
Ia menceritakan, setelah menang 1-0 saat menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada (21/3), dirinya sempat khawatir dengan kondisi anak asuhnya. Karena 10 pemain berada dalam kondisi sakit atau cedera. Kondisi inilah yang membuatnya khawatir berimbas pada kondisi tim menjelang laga tandang di Vietnam pada (26/3/2024) lalu.
“Setelah selesai pertandingan Indonesia melawan Vietnam, memang ada 10 pemain yang sakit juga, jadi saya menduga pertandingan kedua akan sulit,” ujar Shin.
Pelatih asal Korea Selatan itu optimistis, ke depan keberadaan pemain naturalisasi tidak hanya mampu meningkatkan kualitas timnas, tetapi juga mampu memotivasi para pemain lokal untuk tampil lebih baik.
Couch menambahkan, persaingan yang sehat akan memberikan manfaat besar dalam menciptakan skuad timnas yang lebih tangguh. DIrinya terus mendorong para pemain lokal agar meningkatkan levelnya, agar bisa bersaing dengan para pemain naturalisasi.
Ia berharap, dengan adanya pemain naturalisasi, para pemain lokal bisa lebih berjuang untuk menjadi lebih baik lagi, sehingga akan berdampak kepada kemajuan timnas Indonesia.
Sejumlah pemain hasil naturalisasi seperti Rafael Struick, Ivar Jenner, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Justin Hubner, Jordi Amat, Nathan Tjoe-A-On, dan Jay Idzes telah menghiasi skuad Garuda dalam setahun terakhir.

 

Teranyar, ada dua pemain yang bermain di Liga Belanda (Eredivisie), yaitu Ragnar Oratmangoen dari klub Fortuna Sittard dan Thom Haye dari Heerenveen. (Sidik Purwoko)
Editor: Sidik Purwoko

Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini