PDIP Ancam Tidak Lantik Caleg Terpilihnya, Idham Holik: Itu Kebijakan Internal Partai!

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Menjelang pengumuman hasi rekapitulasi suara nasional Pemilihan Umum 2024,  Idham Holik, anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tidak perduli dengan ancaman Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang tak akan melantik calon legislatif (caleg) terpilih mereka. Alasannya, ancaman itu merupakan urusan partai yang KPU tidak mau cawe-cawe.

    Demikian dikatakan anggota KPU Idham Holik seperti dikutip Wartabanjar.com di Jakarta, Rabu (20/03/02024). Idham mengatakan, rencana PDI Perjuangan enggan melantik caleg mereka yang perolehan suaranya tidak linear dengan perolehan suara pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden mereka, Ganjar Pranowo – Mahfud MD adalah kebijakan internal partai.

    “KPU tidak memiliki kapasitas mengomentari kebijakan internal peserta pemilu,” ujar Idham Holik.

    Jika memang PDIP tidak melantik caleg-calegnya yang terpilih nanti, justru partai berlambang banteng moncong putih itu sendiri yang akan merugi. Bisa dipastikan PDIP tidak akan melakukan hal konyol itu. Karena Idham menjelaskan, bahwa dalam Undang-Undang Pemilu, para pemilih diberikan kebebasan dalam memberikan suaranya di TPS.

    Baca juga: Polri Ingatkan Mahasiswa Soal TPPO Dengan Modus Magang di Jerman

    Untuk diketahui, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pada Desember 2023 lalu mengeluarkan edaran yang mewajibkan para kadernya untuk memenangkan PDI Perjuangan dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

    Tak hanya itu, edaran itu juga menegaskan supaya perolehan suara caleg setiap dapil harus linear dengan perolehan Ganjar-Mahfud.

    Baca Juga :   Menkes Datangkan Dokter Asing, Bantah Saingi Dokter Lokal

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI