Menteri ATR/BPN Targetkan Percepatan Pembebasan Lahan Untuk Dukung Proyek Strategis Nasional

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Menteri Agraria dan Tata Tuang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berkomitmen mendukung penyelesaian proyek strategis nasional (PSN) melalui percepatan pembebasan lahan. Komitmen ini menyusul adanya penambahan 14 PSN baru.

    “Dari sisi Kementerian ATR/BPN pada prinsipnya kami akan bekerja secara maksimal untuk mendukung seluruh PSN yang telah ditetapkan, baik yang sudah berjalan, masih berlangsung dan tentunya ada 14 penambahan PSN baru yang dipaparkan. Tentunya kami akan mendukung dari sisi lahan tanahnya yang akan digunakan sebagai lokasi pembangunan PSN tersebut,” kata AHY seperti dikutip Wartabanjar.com dari Beritasatu.com di kompleks Istana Kepresidenan, Senin (18/3/2024).

    Menurut Menteri ATR/BPN, masalah pembebasan lahan ini menjadi salah satu penghambat utama berjalannya proyek pemerintah. Hal itu mengingat dialog mengenai ganti rugi dan relokasi seringkali menemui jalan buntu.

    “Kita tahu di berbagai lokasi kita sering hadapi ada masyarakat yang masih di situ dan sudah berada atau tinggal serta menggantungkan hidup di sana, termasuk juga bekerja, bertani, berkebun di lokasi. Kami harus meyakinkan terlebih dahulu sebelum bisa mengeluarkan sertifikat apa pun. Jadi statusnya harus jelas dulu,” tegasnya.

    Baca juga: Mendagri Tito Karnavian Beberkan Strategi Tahan Laju Inflasi Jelang Lebaran, Begini Katanya

    Dalam rangka memperjelas status tanah yang masuk dalam kawasan PSN, Kementerian ATR/BPN akan menggalakkan pembuatan garis batas untuk menandai wilayah atau deleniasi dari lahan yang akan dibangun untuk kebutuhan PSN tersebut.

    “Kalau berada di wilayah areal penggunaan lain (APL) tidak di kawasan hutan, maka bisa segera dilanjutkan dengan penerbitan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR), singkatnya adalah izin lokasi,” jelasnya.

    Baca Juga :   Pasca Hasyim Asy'ari Dicopot, KPU Akan Datangi Bawaslu

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI