BPBD Balangan Luncurkan “Wasit Kebenaran”, Berikut Manfaatnya

    WARTABANJAR.COM, BALANGAN – Meningkatkan keamanan masyarakat dalam bencana alam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan meluncurkan program Keluarga Tangguh Bencana (Katana) dengan tagline “WASIT KEBENARAN” (Wasit Siaga Tanggap Kuat Edukatif Terhadap Bencana dan Kebakaran).

    Program tersebut diluncurkan saat digelar BPBD Balangan gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Keluarga Tangguh Bencana (Katana) di Hotel Aria Barito Banjarmasin, Sabtu (3/2/2024) lalu.

    Program tersebut menyasar para kelompok Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) di seluruh Kecamatan di wilayah Kabupaten Balangan.

    Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi mengatakan, perlunya meningkatkan pengetahuan dan wawasan mengenai kebencanaan dan kebakaran kepada para kader PKK di lingkungan keluarga, menjadi tantangan tersendiri bagi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan.

    “Selain sebagai bentuk transfer ilmu pengetahuan dalam bidang kebencanaan dan kebakaran, baik pada tahap pencegahan maupun kesiapsiagaan, keluarga yang merupakan kelompok terkecil dalam kehidupan organisasi masyarakat, juga merupakan salah satu sektor penting dalam membangun fondasi masyarakat Balangan yang tangguh, tanggap, kuat, edukatif dan siaga dalam menghadapi stuasi darurat bencana dan kebakaran,” jelas H Rahmi.

    Menurutnya, penanaman mengenai nilai-nilai yang dapat mengurangi faktor resiko bencana pada fase awal pencegahan serta fase kesiapsiagaan saat terjadi situasi darurat bencana dan kebakaran, dapat dilakukan melalui kegiatan sosialisasi dan simulasi bencana di lingkungan keluarga.

    Baca Juga :   Dapat Nomor 2, Syaifullah Tamliha-Habib Ahmad Bahasyim Berharap Menang seperti Prabowo-Gibran

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI