64 Peserta Ikuti Balap Jukung Tradisional di Jembatan Bromo Paman Birin Cup

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Sebanyak 64 peserta mengikuti lomba Dayung atau Balap Jukung Tradisional di Sungai Martapura di bawah Jembatan Bromo Banjarmasin, Minggu (7/1/2024).

    Pembukaan lomba ditandai dengan pelepasan oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor diwakili Biro Administrasi Pimpinan, Berkatullah dan pejabat lainnya.

    Ia mengatakan, antusias peserta mengikuti kejuaraan balap jukung di Banjarmasin cukup tinggi.

    “Ada 64 peserta yang ikut festival, itu pun sudah dibatasi. Seandainya kita buka lagi makin banyak yang ingin bergabung,” katanya.

    Lebih lanjut ditambahkannya, lomba ini terbuka untuk umum dan pesertanya berasal dari Banjarmasin hingga ada dari Barito Kuala.

    Baca juga: Pencarian Hari Ketiga, Korban Tenggelam di Desa Kitang Ditemukan 3 Km dari Titik Awal

    “Festival ini memperebutkan Piala Paman Birin Cup 2024 dan hadiah jutaan rupiah,” ujarnya.

    Lalu diterangkannya, perlombaan tersebut dimainkan dengan sistem gugur dan peserta beradu kecepatan mendayung jukung di aliran Sungai Mantuil dengan jarak yang ditempuh sejauh 400 meter.

    Dipilihnya untuk pertama kali lokasi di Sungai Mantuil atau Bawah Jembatan Bromo karena memiliki pesona alam yang luar biasa, dan daya tarik wisata bagi wisatawan yang berkunjung sekaligus dapat memberikan hiburan bagi masyarakat sekitar bantaran sungai.

    “Mungkin ke depan event ini akan kami kembangkan dan diperluas lagi pesertanya sampai ke luar daerah,” katanya.

    Sementara itu, Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, Budiono mengatakan kegiatan ini menjadi motivasi khususnya bagi pecinta olahraga dayung untuk semakin giat berlatih.

    Baca Juga :   Jadwal Big Match Persib Vs Persija, Bojan Hodak Minta Pemainnya Jangan Lepas Kontrol

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI