Gubernur Kalsel Anugerahkan Penghargaan Proklim ke 171 Desa/Lokasi

    WARTABANJAR.COM, BANJARBARU- Sebanyak 171 desa/lokasi di Kalimantan Selatan mendapatkan penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim).

    Penghargaan diserahkan oleh Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor melalui Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan, drh. Suparmi didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana di gedung Idham Chalid, Kantor Gubernur Kalsel, Kota Banjarbaru, Rabu (13/12/2023) pagi.

    Desa-desa tersebut dinilai sukses melakukan upaya adaptasi dan mitigasi terhadap dampak perubahan iklim sehingga berhak memperoleh penghargaan ini.

    Gubernur melalui Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan, drh. Suparmi mengucapkan selamat kepada seluruh penerima penghargaan.

    Menurut Gubernur, Proklim, Sasangga Banua dan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

    Melalui Proklim diharapkan upaya peningkatan ketahanan terhadap dampak negatif perubahan iklim sekaligus pengurangan emisi gas rumah kaca dapat dilakukan mulai dari masyarakat di tingkat tapak.

    Pemprov Kalsel juga membangun konsep desa yang mampu beradaptasi dengan perubahan iklim melalui program Desa Sasangga Banua.

    Diharapkan tujuan akhir dari program ini yakni perubahan perilaku masyarakat untuk cinta terhadap lingkungan dapat terwujud.

    Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana mengatakan, pemberian penghargaan Proklim salah satu bentuk apresiasi atas aksi nyata masyarakat dalam berkontribusi menurunkan emisi gas rumah kaca dan mendorong terwujudnya ketahanan iklim di berbagai bidang kehidungpan di tingkat tapak.

    Baca Juga :   DPRD Gelar Rapat Paripurna Hari Jadi Ke-498 Kota Banjarmasin

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI