8 Wilayah Kabupaten Banjar Rawan Bencana di Musim Penghujan

    WARTABANJAR.COM, MARTAPURA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar menggelar Apel Siaga Bencana banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan gelombang pasang (ROB) di Halaman Kantor BPBD Banjar, Martapura, Kamis (30/11/2023).

    Berdasarkan informasi BMKG wilayah Kabupaten Banjar awal musim hujan terjadi pada bulan November.

    Puncak musim hujan pada Januari 2024, dengan cuaca ekstrim seperti hujan lebat, angin kencang dan puting beliung.

    Baca Juga

    BPBD Turunkan Personil Cari Korban Tenggelam di Sungai Belakang Pasar Lima Banjarmasin 

    Asisten Pemerintahan dan Kesra H Masruri selaku pembina apel membacakan sambutan Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengatakan penanggulangan bencana bukan hanya wewenang Pemerintah Daerah saja tapi tanggung jawab semua pihak baik pemerintah, masyarakat dan dunia usaha

    “Apel siaga ini salah satu bentuk kesiapsiagaan, antisipasi dan mitigasi dalam mengurangi resiko kerugian yang ditimbulkan akibat bencana,” katanya.

    Apel Siaga ini diikuti dari TNI/Polri, BPBD,
    Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial P3AP2KB Banjar dan PMI dalam mengantisipasi terjadinya bencana banjir, tanah longsor, angin puitng beliung dan banjir ROB.

    Sementara Kepala BPBD Banjar Warsita menambahkan beberapa wilayah di Kabupaten Banjar yang rawan bencana banjir yaitu Kecamatan Sungai Pinang,
    Pengaron, Sungai Tabuk, Astambul, Martapura Kota, Martapura Barat dan Martapura Timur sedangkan rawan banjir rob di wilayah kecamatan Aluh-Aluh.

    “Kesiapan dari BPBD Banjar sendiri dalam antisipasi bencana banjir dari segi peralatan atau perlengkapannya antara lain perahu karet, lipat dan perahu mesin,” tuturnya.

    Baca Juga :   Update Kebocoran Pipa BPAM Banjarbakula

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI