Kereta Cepat Jakarta-Bandung ‘Whoosh’ Jadi Sorotan Negara ASEAN, Pertama di Asia Tenggara

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Secara resmi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memulai beroperasinya Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, Senin (2/10/2023) pagi.

    “Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh saya nyatakan dioperasikan,” kata Presiden.

    Presiden menyebutkan, Whoosh merupakan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat.

    “W-H-O-O-S-H, dibaca ‘wus’. Ini diinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini, dan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat,” kata Presiden.

    Beroperasinya kereta cepat Whoosh ini mendapat sorotan negara tetangga terutama di kawasan Asia Tenggara.

    Baca juga: Viral! Pasangan Diduga Mesum Oral Dalam Mobil Saat Berhenti di Lampu Merah

    Media Malaysia, New Straits Times menyebutkan kereta api berkecepatan tinggi yang diresmikan Jokowi merupakan pertama di Asia Tenggara.

    Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi Presiden Joko Widodo atas diresmikannya pengoperasian Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh.

    Memiliki kecepatan maksimal hingga 350 km per jam, kereta cepat Whoosh dapat menempuh Jakarta Bandung hanya dalam waktu 27 menit.

    “Salah satu keberhasilan pemerintahan Presiden Joko Widodo kembali dibuktikan dalam moda transportasi massal dengan menghadirkan kereta cepat Jakarta Bandung Whoosh. Bahkan, kereta cepat Whoosh merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara. Sebelumnya, pemerintahan Presiden Jokowi berhasil menghadirkan Mass Rapid Transit (MRT) di Jakarta dan Light Rail Train (LRT) di Jabodetabek,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Senin (2/10/2023).

    Baca Juga :   Nasabah Bank Kalsel, Robainah Raih Undian Tabungan Simpeda Rp 50 Juta

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI