Pemerintah Kirim 6.000 Transmigran ke IKN Nusantara dari Yogyakarta, Cek Fakta

    WARTABANJAR.COM – Kabar beredar pemerintah mengirim 6.000 transmigran dari wilayah ini ke lbu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim).

    Hal ini diduga untuk mengisi wilayah IKN Nusantara yang menjadi ibukota Indonesia menggantikan Jakarta.

    Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Daerah lstimewa Yogyakarta (DIY)
    dengan tegas membantah kabar mengenai rencana pengiriman 6.000 transmigran dari wilayah ini ke lbu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim).

    Kepala Bidang Pelindungan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja dan Transmigrasi Disnakertrans DIY, Elly Supriyanti menjelaskan bahwa, angka 6.000 yang disebutkan merujuk pada jumlah peserta program transmigrasi DIY sejak tahun 2008 – 2022, bukan jumlah transmigran yang akan dikirim ke IKN.

    Baca Juga

    PLN Pastikan Listrik Kalselteng Kembali Normal

    “Angka tersebut sebenarnya merupakan jumlah peserta program transmigrasi DIY selama 15 tahun terakhir, dan tidak hanya terbatas pada Kalimantan,” kata Elly.

    Menurut Elly, wacana program transmigrasi yang tengah diperbincangkan oleh pemerintah pusat adalah tentang pengembangan ketahanan pangan melalui program tersebut di kawasan penyangga IKN.

    Jika wacana ini kemudian diwujudkan oleh pemerintah pusat, Disnakertrans DIY siap mendukung dengan mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) calon transmigran sesuai dengan alokasi yang ditetapkan.

    Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi angka
    pengangguran dan kemiskinan. Disnakertrans DIY juga telah mengalokasikan anggaran untuk mendukung persiapan calon transmigran yang
    akan pindah ke berbagai daerah.

    Baca Juga :   Dirjen Imigrasi: Revisi UU Imigrasi untuk Penguatan Pengawasan WNA dan Perbaikan Pelayanan

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI