Saudi Beri Penghargaan Tiga Negara Pengirim Jemaah Terbesar, Indonesia No 1

    WARTABANJAR.COM – Menurut data dari pemerintah Arab Saudi, ada tiga negara yang mengirimkan jemaah haji terbanyak dalam musim haji 2023. Ketiga negara ini mendapat apresiasi dan penghargaan dari Arab Saudi karena mengirim jemaah haji terbesar di dunia.

    Menurut Pemerintah Arab Saudi ketiga negara itu adalah Indonesia, Pakistan, dan Bangladesh.

    Indonesia menduduki peringkat pertama karena mendapat kuota haji 2023 sebanyak 221.000. Selain itu, ada tambahan 8.000 sehingga total kuotanya adalah 229.000 jemaah haji. Jumlah ini, terdiri atas haji reguler dan haji khusus. Sementara kuota Pakistan sekitar 179.000 dan Bangladesh 127.000.

    BACA JUGA: Hari ini, 17 Kloter Jemaah Haji Pulang, dari Banjarmasin Sebanyak 327 orang, Berikut Rinciannya

    Penghargaan diberikan oleh Wakil Menteri Haji dan Umrah Abdul Fattah Mashat dan dari Indonesia hadir Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam.

    “Semalam, Kementerian Haji dan Umrah menggelar acara apresiasi di Jeddah untuk semua instansi yang terlibat dalam pelaksanaan ibadah haji 1444 H. Indonesia, Pakistan, dan Banglades, sebagai representasi negara pengirim jemaah terbesar, mendapat apresiasi. Saya hadir mewakili Indonesia,” terang Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam di Jeddah, Minggu (30/7/2023).

    Apresiasi diberikan, kata Nasrullah, sebagai bentuk penghargaan atas kerjasama dalam proses pelayanan jemaah haji, utamanya selama masa kedatangan dan kepulangan jemaah.

    “Jadi ini khususnya terkait dengan pelayanan di Jeddah, atas sinergi pelayanan dengan GACA, Wukala, keamanan bandara, termasuk dalam proses layanan fast track dan program lainnya,” papar Nasrullah.

    Ditambahkan Nasrullah, Indonesia tahun 2022 juga mendapat penghargaan yang sama. Saat itu, penghargaan diberikan kepada Indonesia, Pakistan, dan India. “Tahun ini, Indonesia kembali mendapat penghargaan, bersama Pakistan dan Bangladesh,” tegasnya.

    BACA JUGA: Hari Ini, 328 Jemaah Haji Banjarmasin Tiba di Banua, Kemenag: Ada 16 Kloter se-Indonesia yang Pulang

    Operasional ibadah haji Indonesia saat ini masih berlangsung. Data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) mencatat hingga pukul 06.00 waktu Arab Saudi, sudah ada 188.251 jemaah haji Indonesia yang pulang ke Tanah Air. Mereka tergabung dalam 500 kelompok terbang (kloter). Pada fase kedatangan, tercatat ada 558 kloter yang tiba di Arab Saudi dengan 209.782 jemaah haji reguler.

    “Sebagian jemaah haji reguler asal Indonesia, saat ini masih di Madinah. Kloter terakhir dari Madinah akan terbang pada 4 Agustus 2023 dan itu sekaligus menandai berakhirnya operasional hajj Indonesia tahun ini,” tandasnya.(wartabanjar.com/kemenag/berbagai sumber)

    editor: didik tm

    Baca Juga :   Remaja Tewas Jatuh ke Selokan Setelah Konsumsi Kecubung Dicampur Mi Instan

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI