Kenali Ragam Sansak untuk Latihan Beladiri

    Praktisi Karate & Beladiri Praktis, Harry Budiman

    SANSAK atau sandbag adalah sebutan umum untuk alat latihan beladiri berupa target sasaran pukulan dan tendangan. Alat ini ada berbagai bentuk dengan fungsinya masing-masing.

    Berikut dijelaskan beberapa jenis dari sekian banyak model sansak, agar bisa menjadi pengetahuan.

    Heavy bag atau sansak gantung berisi pasir adalah yang lazim dikenal orang. Sansak jenis ini biasa digunakan untuk latihan boxing atau tinju, selain itu latihan taekwondo, karate, kickboxing dan lainnya

    Angle heavy bag. Sansak jenis ini ada lekukan di bagian tengah. Gunanya adalah untuk melatih presisi pukulan upper cut baik ke arah badan maupun kepala.

    Selanjutnya banana bag, sansak ini lebih ramping dan panjangnya yang hampir menyentuh lantai. Jenis sansak ini selain untuk pukulan juga digunakan untuk latihan tendangan rendah ke arah kaki lawan.

    Baca Juga

    Pemuda Palangka Raya Unggah Foto Bugil Mantan Kekasih di Media Sosial

    Kemudian ada speed ball. Ada dua jenis, pertama yaitu yang ditempel di dinding dengan pantulan papan di atas pengaitnya. Guna sansak berisi udara ini adalah melatih kecepatan tangan dan kekuatan bahu.

    Kedua adalah speed ball yang diikat dua tali, satu tali dikaitkan ke langit-langit ruangan dan satu tali lagi dikaitkan ke lantai. Ketika bola dipukul maka akan membalik karena elastisitas karet pengikat. Gunanya melatih fokus pukulan dan footwork atau kelincahan kaki berpindah posisi.

    Adapula sansak grappling atau sansak bergulat. Bentuknya seperti boneka dalam posisi duduk. Fungsi sansak ini adalah untuk latihan pukulan dan tendangan dalam posisi di bawah.

    Baca Juga :   PSS Sleman Diperkuat 2 Pemain Asal Brazil

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI