Pesawat Sam Air Hilang Kontak Usai Lepas Landas di Bandara Elelim Yalimo Papua Pegunungan

    WARTABANJAR.COM, JAYAPURA – Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau lebih dikenal sebagai AirNav Indonesia melaporkan, pesawat PT Semuwa Aviasi Mandiri atau pesawat SAM Air hilang kontak di Papua.

    Pesawat SAM Air tersebut hilang jejak pasca lepas landas dari Bandara Elelim menuju Bandara Ilaga pada Jumat, 23 Juni 2023 hari ini.

    “Jumat, 23 Juni 2023, dilaporkan bahwa pesawat SAM Air dengan registrasi PK-SMW Tipe Cessna Grand Caravan C208B, yang berangkat dari Bandara Elelim menuju Bandara Ilaga 10.53 WIT telah hilang kontak pada pukul 11.07 WIT, pada koordinat POIK (16 NM arah selatan dari Bandara Elelim),” jelas Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Rosedi, Jumat (23/6/2023).

    BACA JUGA: NGERI! Pintu Pesawat Terbuka saat di Tengah Penerbangan, Nyawa Grup Band Ini Ujung Tanduk

    Kapolres Yalimo AKBP Rudolof Yabansabra, mengatakan pesawat Cessna 208 milik Sam Air dilaporkan hilang kontak ketika sedang melakukan penerbangan dengan rute Elelim – Welarek, Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan.

    “Pesawat loss contact, tadi (terbang) dari Elelim ke Welarek,” ujar AKBP Rudolof Yabansabra ketika dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat.

    Dilaporkan, pesawat tersebut diterbangkan oleh Kapten Hari Permadi sebagai pilot. Pesawat membawa enam orang, terdiri dari dua kru dan empat penumpang.

    Menurut dia, saat pesawat lepas landas dari Elelim pada pukul 01.53 WIT, cuaca dalam keadaan baik sehingga informasi adanya hilang kontak mengejutkan semua pihak.

    BACA JUGA: VIRAL Video Layangan Nyangkut di Sayap Pesawat Garuda, Keberangkatan ke Pelembang Ditunda

    “Cuaca bagus, hanya kemarin cuaca buruk makanya pesawat tidak masuk, makanya baru hari ini pesawat masuk,” kata Rudolof.

    Hingga kini, keberadaan pesawat tersebut belum diketahui dan proses pencarian akan segera dilakukan.

    Rudolof mengungkapkan, Distrik Welarek yang dituju oleh pesawat Sam Air merupakan wilayah yang sampai saat ini belum bisa diakses menggunakan jalur darat.

    “Tidak ada jalur darat, harus pakai pesawat kalau ke situ. Normalnya rute itu jarak tempuhnya 30 menit,” ungkapnya.(wartabanjar.com/berbagai sumber)

    editor : didik tm

    Baca Juga :   Puluhan Delegasi Asia Afrika Dipastikan Hadiri AAF 2024

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI