Kemenag Kalsel Larang Jemaah Haji Lakukan Umrah Sunat Tapi Fokus 3 Hal Ini

    WARTABANJAR.COM, BANJARBARU – Sebanyak 5.708 jemaah dan petugas haji Embarkasi Banjarmasin telah diberangkatkan dari Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin menuju tanah suci Makkah.

    Artinya, sudah 17 kelompok terbang (kloter) berada di Mekkah, sejak diberangkatkannya kloter BDJ 01 pada 29 Mei 2023 hingga Kamis (22/06/23) dini hari setelah diberangkatkannya Kloter BDJ 17.

    ā€œKloter BDJ 17 merupakan jemaah haji terakhir yang diberangkatkan dari Embarkasi Banjarmasin menuju tanah suci makkah,ā€ kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Ka Kanwil Kemenag) Kalsel Dr H Muhammad Tambrin MM Pd saat pelepasan Jemaah Haji Kloter BDJ 17, Rabu (21/06/23) malam di aula Jeddah Asrama Haji Embarkasin Banjarmasin.

    BACA JUGA: Saatnya Bagi Jemaah Haji Indonesia Melontar Jumroh, Ingat yang Lansia Bisa Diwakilkan Lho!

    Tambrin meningatkan kepada jemaah dan petugas agar fokus pada persiapan Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna) atau pelaksanaan puncak haji, dan tidak melaksanakan umrah sunat atau kegiatan lainnya.

    ā€œIkuti ketua regu atau ketua rombongan dalam melaksanakan ibadah haji, rukun dan wajib haji, supaya semuanya bisa melaksanakan secara maksimal,ā€ pintanya.

    Saat ini suhu di Arab Saudi sangat panas, Tambrin mengimbau kepada Ketua Kloter dan Petugas Kloter lainnya agar berkoordinasi dengan Petugas Haji yang ada di Makkah kapan waktu yang pas jemaah mengambil miqat, memasuki kota Makkah dan ketika akan memasuki Masjidil Haram.

    ā€œUpayakan waktunya yang digunakan untuk kegiatan tersebut suhu udara sudah agak dingin, dan gunakan alas kaki saat akan ke masjidil haram maupun pulangnya, amankan alas kaki masing-masing untuk memudahkan saat pulang dari masjidil haram, supaya kaki tidak kepanasan sehingga menyebabkan kaki melepuh,ā€ pesannya.

    ā€œPerbanyak minum air putih sesuai dengan anjuran yaitu 200 mili perjam/ 1 gelas perjam agar tidak dehidrasi,ā€ tambahnya.

    Tambrin yang juga Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin Tahun 1444 H / 2023 M mengatakan jemaah haji Kloter BDJ 17 merupakan Kloter gabungan dari beberapa daerah yang ada di Kalsel dan Kalteng dengan jumlah 219 jemaah dan 5 petugas Kloter yang terdiri dari Ketua Kloter atas nama Darul Azka, Dokter Kloter atas nama dr. Muhammad Jaā€™far Hamdan dan 2 orang paramedis atas nama Ismail Shaleh dan Noordiah Sri Muhariyati serta Petugas pembantu atas nama Laily Lestari dengan dibantu Petugas Haji Daerah (PHD) atas nama Burhan Noor Ruyani dan Hasrullah Anam.

    ā€œJemaah haji BDJ 17 yang berjumlah 224 orang ini akan diterbangkan dari Bandara Internasional Syamsudin Noor pada 22 Juni 2023 pukul 01.34 WITA Nomor Flight GA 8117 dan direncanakan mendarat di Jeddah pada 22 Juni 2023 pukul 09.25 WAS,ā€ ujarnya.

    BACA JUGA: Menag Minta Ditambah AC Klinik Kesehatan Haji Indonesia di Mina

    Selanjutnya Tambrin mengucapkan selamat jalan dan selamat menunaikan ibadah haji kepada para jemaah haji. ā€œSemoga menjadi haji yang mabrur dan umrah yang maqbul, disehatkan dan diberkahi dalam menjalankan ibadah haji dan kembali ke tanah air dengan selamat,ā€ harapnya.

    Tambrin juga mengucapkan terima kasih kepada PPIH Embarkasi Banjarmasin Tahun 1444 H / 2023 M dan kepada petugas yang terlibat secara langsung atupun tidak langsung pada proses pemberangkatan ibadah haji Embarkasi Banjarmasin Tahun 1444 H/ 2023 M. ā€œBerkat koordinasi dan kerjasama yang baik kita dapat menyelesaikan dan memberangkatkan petugas dan jemaah haji berjumlah 5,708 dengan 17 Kloter kuota reguler dan 1 kloter kuota tambahan,ā€ tandasnya.(wartabanjar.com/kemenag kalsel/berbagai sumber)

    editor : didik tm

    Baca Juga :   15 Bulan Bertugas di Perbatasan RI-PNG, Personel Yonif 623/BWU Tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI