Perusahaan Pers Kalsel Gelar Deklarasi Konsorsium Pers Banua dan Dialog Nasional

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Perusahaan pers Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan organisasi profesi wartawan yang menjadi konstituen Dewan Pers di Kalsel bersepakat menjaga marwah serta martabat pers dengan deklarasi bersama.

    Selain deklarasi, juga digelar dialog nasional dengan tema ‘Pemilu Cerdas dan Pers Bermartabat, Melawan Hoax dan Disinformasi untuk Marwah Banua’ di ruang seminar Gedung FISIP ULM Banjarmasin, Kamis, 22 Juni 2023.

    Pertemuan tersebut menyepakati pembentukan sebuah wadah bersama bernama Konsorsium Pers Banua.

    “Kami ingin menyatukan visi dan misi yang dirumuskan menjadi kesepahaman bersama. Karena itu, para ketua organisasi konstituten Dewan Pers di Kalsel bersepakat membentuk satu wadah bersama yaitu Konsorsium Pers Banua,” ujar Ketua Serikat Media Siber (SMSI) Kalsel, Anang Fadillah.

    Baca Juga

    Korsleting AC Diduga Penyebab Kebakaran di Jalan Adyaksa Banjarmasin

    Adapun organisasi pers yang tergabung dalam Konsorsium Pers Banua adalah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kalsel, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), dan Persatuan Radio Siaran Swasta Nasiona Indonesia (PRSSNI) Kalsel.

    Hadir sebagai keynote speaker Ketua Dewan Pers, Dr Ninik Rahayu, dan narasumber Ketua KPU Kalsel Dr Andi Tenri serta Dekan FISIP ULM Prof Budi Suryadi.

    Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kalsel, Milhan, berharap hadirnya Konsorsium Pers Banua bisa menjaga kemerdekaan pers dengan menjunjung tinggi prinsip aturan UU Pers dan kode etik serta kode perilaku.

    Baca Juga :   30 Penyuluh KB Balangan Difasilitasi Sepeda Motor

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI