Peminat Set Top Box di Banjarmasin Semakin Menurun, Ini Penjelasan Pedagan Elektronik

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Pemerintah melakukan Analog Switch Off (ASO) atau penghentian siaran TV analog dan dan menggantikannya ke siaran TV digital.

    Nah, bagi masyarakat yang tidak memiliki perangkat TV digital, tidak perlu membeli TV baru karena TV analog juga bisa menyiarkan siaran TV digital dengan bantuan Set Top Box (STB).

    Di Kota Banjarmasin perpindahan siaran TV analog ke digital membuat STB digandrungi masyarakat seperti diutarakan pemilik toko elektronik di pinggir Jalan Belitung Darat, Kamis (15/6/2023)

    BACA JUGA: Netizen Keluhkan Pemakaian STB TV Digital di Instagram Presiden Jokowi

    Namun, menurut pedagang di Toko Cahaya Elektronik, penjualan STB tidak seramai tahun sebelumnya, peminatnya saat ini mulai menurun.

    “Tidak seperti tahun sebelumnya Set Top Box sekarang menurun pembelinya. Dibandrol dari harga Rp 150 – 350 ribu dari berbagai merek, ” ujar Andi penjual di Toko Cahaya Elektronik, Kamis (15/06/2023)

    “Dahulu sampai 30 orang sehari cari STB sekarang satu hari paling 2 atau 3 peminatnya. Karena sekarang yang jual STB semakin banyak tidak seperti dulu yang masih langka penjualanya,” tambahnya.

    Keadaan serupa juga dirasakan pedagang elektronik di Toko Duta Elektronik yang berada dipinggir Jalan Zafri Zamzam ini pun setelah Idul Fitri 1444 H sudah sepi peminat.

    “Sehari kadang 1 aja yang membeli tidak seperti sebelum Idul Fitri masih banyak peminatnya sampai gak terhitung,” jelas Mariatul penjaga Toko Duta Elektronik

    BACA JUGA: Hasil Survei Nielsen 73 Persen Warga di 11 Kota Sudah Gunakan TV Digital

    ” Kami menjual Set Top Box dari harga Rp190-310 ribu,” ungkapnya.

    Menurut Mariatul, ada kemungkinan pemicu berkurangnya peminat STB karena masyarakat lagi mengumpulkan duitnya usai lebaran, atau juga pergi ke toko cabang yang harganya lebih miring. (Rdh)

    editor: didik tm

    Baca Juga :   Puskesmas Paringin Luncurkan Inovasi "Bu Susi", Ini Manfaatnya

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI