Dugaan Penyebab Tanah Longsor di Desa Pingaran Ilir, Ini Imbauan BPBD dan DPKP Banjar

    WARTABANJAR.COM, MARTAPURA- Longsornya tebing di Desa Pingaran Ilir RT. 1 RW. 1, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar pada Sabtu (2/6/2023) kemarin viral di media sosial lantaran ada seorang perempuan ikut terjatuh bersama runtuhan tanah tersebut.

    Beruntungnya, perempuan bernama Acil Amah (26) tersebut selamat dan hanya mengalami luka memar di bahunya.

    Polsek Astambul segera menutup lokasi kejadian lalu mengevakuasi beberapa warga sekitar karena khawatir akan terjadi longsor susulan.

    Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar langsung memonitor lokasi lalu merilis pernyataan resmi.

    “Sesampainya di lokasi TRC mendapatkan informasi panjang longsornya tebing kurang lebih 15 meter,” terang Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banjar, Warsita, Sabtu (3/6/2023) dikutip dari laman Pemerintah Kabupaten Banjar, Minggu (4/6/2023).

    Ia juga mengimbau warga yang tinggal di daerah aliran sungai (DAS) agar waspada terhadap abrasi yang sering terjadi di bantaran sungai.

    Polsek Astambul juga sudah memberikan imbauan ke warga sekitar agar selalu waspada terhadap kemungkinan adanya longsor susulan.

    “Info sementara Polsek Astambul mengimbau warga untuk waspada terhadap kejadian ini. Terkait akan dipasangi tanda garis pembatas area rawan longsor kami belum mengetahui,” jelas Kepala Seksi (Kasi) Pemadam Kebakaran, Penyelamatan, dan Evakuasi DPKP Kabupaten Banjar, Gusti Yudhi, Minggu (4/6/2023).

    “DPKP selalu siaga untuk setiap kejadian yang membahayakan keselamatan jiwa,” sambungnya.

    Baca Juga :   PTAM Intan Banjar Terapkan Pengaliran Bergilir di Banjabaru dan Martapura

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI