2 Hektar Lahan di Desa Cindai Alus Hangus Akibat Karhutla

    WARTABANJAR.COM, MARTAPURA- Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di Desa Cindai Alus, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalsel kemarin Kamis (1/6/2023) siang.

    Warga setempat, Anang, mengungkapkan bahwa karhutla ini terjadi tepat di seberang lokasi karhutla sebelumnya yang terjadi pada Rabu (31/5/2023).

    Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar kemudian mendapatkan laporan ini, segera meluncur ke lokasi kejadian.

    Kepala Pelaksana BPBD Banjar, Warsita mengerahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk terjun ke lokasi bersama dua unit truk tangki 5.000 liter.

    Anggota yang terlibat dalam proses pemadaman antara lain BPBD Banjar, TNI , manggala agni, relawan serta masyarakat sekitar lokasi.

    Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Banjar, Jumat (2/6/2023), lahan yang berhasil dipadamkan kurang lebih 1,5 Ha dari 2 Ha yang terbakar. 

    Warsita menuturkan suhu panas yang terjadi beberapa waktu ini menyebabkan keringnya lahan yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran lahan.

    Ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar karena kegiatan tersebut melanggar undang-undang lingkungan hidup dan pelakunya dapat dijerat hukum. (bjr)

    Editor: Yayu

    Baca Juga: Lagi Mabuk, Pria di Banjar Bakar Rumah Lalu Tebas Selang Air Pemadam, ini Video Pengakuan Pelaku

    Baca Juga :   Seorang Pria ditemukan Meninggal di Sekumpul

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI