Pelajar Martapura Antusias Ikuti Edukasi Pelaksanaan Pemilu 2024 untuk Pemilih Pemula

    WARTABANJAR.COM, MARTAPURA – Tinggal hitungan bulan perhelatan akbar pesta demokrasi akan dihelat di Tanah Air.

    Sebagaimana telah dijadwalkan KPU RI, akan digelar pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

    Mendukung suksesnya Pemilu 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Banjar memberikan edukasi siswa siswi SMKN 1 Martapura, melalui Sosialisasi Pemilih Pemula Untuk Jenjang Pendidikan Menengah di Kabupaten Banjar Tahun 2023.

    Kegiatan ini dilaksanakan dalam Rangka Pilpres, Pileg dan Pilkada Serentak Tahun 2024, di Aula SMKN 1 Martapura, Selasa (9/5/2023).

    Asisten Administrasi Umum Rahmad Dhani mengatakan kegiatan sosialisasi pemilih pemula merupakan bagian dari sosialisasi Pemilu tahun 2024, menurutnya kegiatan itu sangat bagus karena sasarannya adalah anak-anak muda para pelajar karena tahun 2024 mereka sudah memiliki hak pilih.

    “Kenapa harus ada pemilu, Demokrasi menjadi salah satu sistem politik yang paling banyak dianut oleh negara-negara di dunia. Indonesia merupakan salah satu negara yang menjalankan sistem politik demokrasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahannya.

    Terdapat beberapa pilar yang menjadi prasyarat berjalannya sistem politik demokrasi, yaitu: Adanya penyelenggaraan pemilu yang bebas dan berkala; Adanya pemerintahan yang terbuka, akuntabel dan responsif; Adanya perlindungan terhadap hak asasi manusia (HAM); Berkembangnya civil society dalam masyarakat.

    Baca juga: NasDem Batal Daftarkan Caleg Hari Ini, Begini Penjelasan KPU RI

    “Budaya politik juga memiliki pola sikap, keyakinan, dan perasaan tertentu yang mendasari, mengarahkan, dan memberi arti kepada tingkah laku dan proses politik dalam suatu sistem politik, mencakup cita-cita politik ataupun norma yang sedang berlaku dalam masyarakat politik,” ungkap Dhani.

    Baca Juga :   Waspada Cacar Monyet, Dinkes Balangan Imbau Warga Segera Periksakan Gejala ini

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI