FAKTA 5 Negara Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1444 H Jumat 21 April 2023

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Sejumlah negara di dunia merayakan Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah pada Jumat (21/4/2023).

    Sementara di Indonesia, Kementerian Agama menetapkan Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah jatuh pada Sabtu (22/4/2023).

    Hal ini diputuskan dan disampaikan langsung oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas usai mengikuti Sidang Isbat yang berlangsung di Kantor Kementerian Agama, Kamis (20/4/2023).

    “Berdasarkan posisi Hilal di seluruh Indonesia, sidang isbat secara mufakat menetapkan 1 syawal 1444 hijriah jatuh pada sabtu 22 April Masehi,” ujar Yaqut Kamis (20/4/2023).

    Kementerian Agama juga melakukan pemantauan hilal atau rukyatul hilal di berbagai provinsi.

    Kementerian Agama menurunkan tim ke 123 titik lokasi di seluruh Indonesia. Dalam sidang Isbath itu, mereka melaporkan, apakah pada hari itu hilal terlihat ataukah tidak.

    Sebelumnya Indonesia juga memprediksi bahwa 1 Syawal diperkirakan jatuh besok. Namun, lewat Sidang Isbat diputuskan pada Sabtu, 22 April.

    Dikutip dari berbagai sumber, ini 5 negara yang juga memprediksi Idul Fitri jatuh pada Jumat, 21 April 2023, namun masih menunggu keputusan otoritas setempat.

    1. Arab Saudi

    Idul Fitri 2023 akan diperingati selama empat hari di Arab Saudi.

    Hari raya ini akan ditandai dengan awal bulan Syawal. Ramadhan di Arab Saudi dimulai pada 23 Maret 2023. Sementara Idul Fitri diperkirakan akan jatuh pada Jumat, 21 April 2023.

    Meski begitu, tanggal pastinya akan dikonfirmasi lebih lanjut berdasarkan penampakan bulan muda (hilal), dikutip dari laman timeoutriyadh.

    2. Uni Emirat Arab

    Komite yang mengurusi jatuhnya hari lebaran (1 Syawal) akan menentukan apakah Idul Fitri jatuh pada 21 April atau 22 April.

    Jika Lebaran jatuh pada Jumat, warga mendapat libur empat hari dari Kamis hingga Minggu, dikutip dari khaleejtimes, Kamis (20/4/2023).

    Jika pada Sabtu, istirahat akan selama lima hari Kamis hingga Senin. Keputusan belum ditentukan, namun dua tanggal ini masih dalam proses penentuan.

    3. Qatar

    Menurut perhitungan astronomi yang dilakukan oleh para ahli di Rumah Kalender Qatar, Jumat, 21 April 2023, adalah hari pertama bulan Syawal dan hari pertama Idul Fitri, dikutip dari laman QNA.org.

    Keputusan akhir mengenai awal Syawal tahun ini tetap menjadi kewenangan Komite Penampakan Bulan Sabit di Kementerian Wakaf dan Urusan Islam di Negara Qatar.

    4. Amerika Serikat

    Sementara itu, di Amerika Serikat 1 Syawal juga akan diperingati pada Jumat, 21 April 2023, dikutip dari laman moonsighting.

    5. Mesir

    Lembaga Riset Astronomi dan Geofisika Nasional (NRIAG) di Mesir resmi mengumumkan bahwa Idul Fitri 1 Syawal akan jatuh pada Jumat, 21 April 2023.(wartabanjar.com/berbagai sumber)

    editor : didik tm

    Baca Juga :   Geger 7 Mayat Remaja Ditemukan Mengambang di Kali Bekasi, Polisi Amankan Belasan Orang

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI