Situasi Sudan Makin Horor, Saudi, UEA, dan AS Serukan Akhiri Kekerasan

    Baca juga: 4 Ketentuan Rukyatul Hilal, Menghitung Jumlah Ramadhan 29 Atau 30

    Para anggota Dewan menekankan pentingnya menjaga akses kemanusiaan dan memastikan keamanan personel PBB. Mereka juga menegaskan kembali “komitmen kuat mereka terhadap persatuan, kedaulatan, kemerdekaan, dan integritas wilayah Republik Sudan.”

    UEA meminta semua pihak di Sudan untuk menahan diri, mengurangi ketegangan, dan bekerja untuk mengakhiri krisis melalui dialog, SPA melaporkan.

    Badan tersebut mengatakan bahwa Kedutaan Besar UEA di Khartoum mengikuti “dengan sangat prihatin perkembangan di Sudan dan telah menegaskan kembali posisi UEA tentang pentingnya de-eskalasi, dan berupaya menemukan solusi damai untuk krisis antara pihak-pihak terkait.”

    Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit mengutuk penggunaan senjata di Sudan dan menyerukan gencatan senjata segera untuk eskalasi yang sedang berlangsung.

    Kementerian Luar Negeri Mesir mengeluarkan pernyataan serupa yang meminta semua pihak Sudan untuk menahan diri secara maksimal.

    Sementara itu, militer Mesir mengatakan pihaknya mengikuti dengan cermat situasi di Sudan dan berkoordinasi dengan otoritas Sudan terkait untuk menjamin keamanan pasukan Mesir, kata juru bicara militer Kolonel Gharib Abdel Hafez pada Sabtu.

    Pernyataannya muncul ketika Pasukan Dukungan Cepat paramiliter Sudan membagikan video yang belum diverifikasi yang mereka katakan menunjukkan pasukan Mesir yang telah “menyerah” kepada mereka di Merowe, Sudan utara, setelah bentrokan antara kelompok itu dan tentara Sudan.

    Baca Juga :   Dikira Bom, Vape Meledak Dalam Pesawat Membuat Ratusan Penumpang Panik dan Dievakuasi

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI