Benarkah Pahala Umrah Saat Ramadhan Setara Haji? Ini Penjelasannya

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA— Banyak umat muslim memilih melaksanakan umrah pada Ramadhan.

    Dengan keyakinan pahala ibadah umrah saat Ramadab setara dengan ibadah haji.

    Hal tersebut atas dasar hadits Nabi Muhammad SAW, di mana beliau menganjurkan umrah pada Ramadhan kepada seorang perempuan yang saat itu kebetulan tidak dapat berhaji bersama Rasulullah SAW.

    قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِامْرَأَةٍ مِنَ الْأَنْصَارِ… ” مَا مَنَعَكِ أَنْ تَحُجِّينَ مَعَنَا ؟ ” قَالَتْ : كَانَ لَنَا نَاضِحٌ فَرَكِبَهُ أَبُو فُلَانٍ وَابْنُهُ – لِزَوْجِهَا وَابْنِهَا – وَتَرَكَ نَاضِحًا نَنْضَحُ عَلَيْهِ. قَالَ : ” فَإِذَا كَانَ رَمَضَانُ اعْتَمِرِي فِيهِ ؛ فَإِنَّ عُمْرَةً فِي رَمَضَانَ حَجَّةٌ”

    Rasulullah ﷺ berkata kepada seorang perempuan dari Kaum Anshar…, “Apa yang menghalangimu untuk menunaikan haji bersama kami?” Perempuan itu berkata, “Dahulu kami memiliki seekor unta yang selalu digunakan oleh ayah fulan dan anaknya, maksudnya adalah suami dan anak dari perempuan itu, kemudian dia membiarkan unta tersebut untuk mengangkut air. Beliau ﷺ berkata, “Apabila datang Ramadhan, laksanakanlah umrah karena umrah pada bulan Ramadhan seperti ibadah haji” (HR Bukhari no 1657).

    Baca Juga

    Maya Sudah Membusuk Ditemukan di Desa Tamiyang HSS

    Dalam riwayat lain Nabi SAW bersabda:

    أَنَّهَا تَعْدِلُ حَجَّةً مَعِي

    “Bahwa umrah pada bulan Ramadhan setara haji bersamaku.” (HR Abu Dawud no 1990)
    Berdasarkan hadits di atas, benar adanya bahwa umrah Ramadhan setara dengan ibadah haji. Bahkan umrah pada Ramadhan seolah ibadah haji bersama dengan Rasulullah SAW.

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI