Jelang Ramadhan, Kemenag Se-Kalsel, MUI, NU dan Pengelola Masjid Ikuti Bintek Hisab Rukyat


    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Sebanyak 40 peserta berasal dari perwakilan MUI Kalsel, Lajnah Falakiyah PWNU Kalsel, MUI Banjarmasin, Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Masjid Jami Banjarmasin, Kanwil Kemenag Kalsel dan Kankemenag Kab/kota se-Kalsel mengikuti bimbingan teknis hisab rukyat.

    Bintek diadakan oleh Kanwil Kemenag Kalsel selama tiga hari, 15 sampai 17 Maret 2023 di Banjarmasin.

    Bintek ini diselenggarakan menjelang awal Ramadan 1444 H, oleh Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan.

    Selama tiga hari kedepan para peserta akan disuguhkan materi terkait kebijakan hisab rukyat (Kalibrasi Kiblat; Rashdul Kiblat/ Istiwa A’zham), penggunaan Theodolite dan penggunaan Ephemeris dalam hisab rukyat.

    Kemudian, Aplikasi Hisab Rukyat dan Gerhana dalam Hisab Rukyat serta materi tentang peran dan standar pembinaan Hisab Rukyat & Program kerja Bidang Urais yang kesemuanya itu berkaitan erat dengan penentuan awal bulan Qamariah, khususnya penetuan awal bulan Ramadhan, Bulan Syawal dan Dzulhijjah.

    “Mendekati bulan Ramadhan yang kita nanti erat kaitannya dengan menunggu ketetapan 1 Ramadhan yaitu hisab rukyat di lingkungan Kementerian Agama se Indonesia,” ujar Ka.Kanwil Kemenag Kalsel Dr. H. Muhammad Tambrin disambutannya sebelum membuka secara resmi Bimbingan Teknis Hisab Rukyat Tahun 2023, Rabu (15/03/23).

    Terkait penetapan awal Ramadhan 1444 H, Tambrin menyampaikan keputusan nantinya akan ditetapkan melalui siding istbat berdasarkan hasil rukyatul hilal dibeberapa titik lokasi yang dditetapkan Dirjen Bimas Islam dengan dihadiri semua pimpinan organisasi Islam di Indonesia dan disampaikan langsung Menteri Agama RI.

    Baca Juga :   300 Paket Sembako Dibagikan Gubernur Kalsel di Desa Gandaria

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI