Menteri Agama Resmikan Kampung Zakat di Desa Suka Maju Tanah Bumbu, Lazis Assalam Fil Alamin Turut Mengentaskan Kemiskinan

    “Ikhtiar yang dilakukan masyarakat untuk mendirikan kampung zakat seperti ini merupakan bagian dari upaya untuk mempercepat proses pengentasan kemiskinan di Indonesia,” sebutnya.

    Oleh karena itu, diungkapkannya, pemerintah melalui Kementerian Agama selalu mendorong agar kampung-kampung zakat seperti di Tanah Bumbu ini bisa juga berkembang didaerah lainnya.

    “Tadi Kami sudah diskusikan dengan Ketua Yayasan Assalam Fil Alamin, Dirjen Bimas Islam, dan Ketua Lazisnu PBNU agar program Kampung Zakat di tahun 2023 lebih dimasifkan,” imbuhnya.

    Ketua Yayasan Lazis Assalam Fil Alamin, Komjen Pol (P) Syafruddin Kambo sependapat dengan Menteri Agama, Kampung Zakat dimasifkan di seluruh Indonesia.

    “Dalam mengentaskan kemiskinan itu bukan hanya top down, dari atas ke bawah yang dibebankan ke pemerintah saja, tapi juga bisa button up, dari bawah ke atas. Salah satunya melalui zakat,” ujarnya.

    Pria yang pernah menjabat Kapolda Kalsel ini juga mengatakan, program Kampung Zakat yang diprakarsai oleh Kementerian Agama bersama Baznas dan pihak lainnya bisa berjalan dengan baik. Diharapkan menjadi pemicu untuk kemajuan bangsa dan negara dalam rangka tugas-tugas kemanusiaan dalam mengentaskan kemiskinan.

    Adapun penyaluran zakat Lazis Assalam Fil Alamin berupa penyaluran zakat beasiswa pendidikan sarjana (S1), Bidan Desa sebanyak 50 orang, penyaluran zakat beasiswa pendidikan keluar negeri Hadramaut Yaman, penyaluran zakat bedah rumah 11 unit, penyaluran zakat anak asuh stunting Kabupaten Tanah Bumbu sebanyak 180 anak, penyaluran zakat anak asuh stunting Kabupaten Kotabaru sebanyak 180 anak, penyaluran zakat anak asuh stunting di Kabupaten Hulu Sungai Selatan sebanyak 180 anak, penyaluran zakat BPJS tenaga kerja non ASN penyuluh agama Islam se-Kalsel 1.222 jiwa, penyaluran zakat BPJS Ketenagakerjaan Imam dan Marbot Mesjid se-Kabupaten Tanah Bumbu sebanyak 237 jiwa, penyaluran zakat pendidikan Pondok Pesantren Nurul Muhibbin Barabai 95 Santri/Santriwati, penyaluran zakat majelis taklim Ar-Raudah Kecamatan Simpang Empat Tanah Bumbu, penyaluran Kampung Zakat Desa Suka Maju Kabupaten Tanah Bumbu Rp 100 juta, penyaluran Kampung Zakat Desa Gunung Ulin Kabupaten Kotabaru Rp 100 juta, penyaluran zakat Kampung Zakat Desa Telaga Bidadari Kabupaten Hulu Sungai Selatan Rp 100 juta, penyaluran zakat uang saku bulanan Lazis Assalam Fil Alamin kepada pelajar.

    Baca Juga :   Dapat Nomor Urut 2, Bang Rizal dan Ustadz Rosyadi: Nomor Keberuntungan

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI