BMKG Bantah Kabar Pesan Suara Berantai di WA Tentang Gempa Besar di Waduk Cirata Jawa Barat

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA- Beredar kabar bahwa akan terjadi gempa dahsyat di Waduk Cirata, Jawa Barat.

    Kabar tersebut berupa pesan suara berantai tersebar di WhatsApp mengatasnamakan Badan Meteorologi, Geofisika dan Klimatologi (BMKG).

    Menanggapi ini, BMKG, Rabu (23/11/2022) membantah kabar itu.

    Mengutip media sosial BMKG, BMKG menyatakan bahwa informasi tersebut adalah berita bohong atau hoaks.

    “Jika anda termasuk yang mendapatkan pesan suara tersebut tolong bantu kami menyampaikan bahwa itu adalah HOAX,” kata BMKG melalui Twitter resminya.

    Voice note atau pesan suara yang mengatasnamakan BMKG tersebut adalah tentang pergeseran lempeng mengarah ke waduk Cirata dan prediksi BMKG mengenai letak lempengan di paling ujung dekat waduk Cirata.

    Pesan suara itu juga menyebutkan tentang adanya cahaya seperti api menyala di Gunung Gede yang menyebabkan terjadi erupsi Gunung Gede yang mengakibatkan gempa bumi di wilayah Kp Singa Barong dan Kp Sarongge, Kabupaten Cianjur.

    Sementara itu, berita yang beredar bernarasi: “Ijin melaporkan komandan situasi Terkait tingkat kewaspadaan info BMKG dan BNPB Tingkat waspada Tinggi Wilayah Sukabumi aktivitas Yang di lewati Garis Pergerakan Sesar Cimandiri 1 Minggu Kedepan 1.Pelabuhan Ratu dan sekitarnya 2.Cibadak dan sekitarnya 3.Cicantayan dan Cibolang 4.Sukaraja dan sekitarnya 5.Sukalarang dan sekitarnya 6.Baros dan sekitarnya 7.Salabintana dan sekitarnya 8.Kadudampit dan sekitarnya Himbauan bagi warga tetap waspada dan tidak panik serta tak berpergian dari rumah masing-masing untuk menjaga keamanan tempat tinggal masing-masing Terimakasih Muspika & Muspida Kota Sukabumi.”

    Baca Juga :   Malam Ini! Derby Papadaan, RD Berharap Laskar Antasari Tanpa Beban Lawan Borneo FC

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI