Siswa SMPN 1 Banjarmasin Gelar Praktek Memasak Wadai Khas Banjar

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kota Banjarmasin, gelar praktek memasak makanan tradisional yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (17/11).

    Kegiatan digelar di halaman sekolah SMPN 1 Kota Banjarmasin ini diikuti seluruh siswa kelas 7.

    Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan SMPN 1 Kota Banjarmasin, Nurul Herliani mengatakan kegiatan berhubungan dengan Program Sekolah Penggerak (PSP) yang disandang sejak tahun 2021.

    Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat karakter profil Pancasila siswa, seperti berkeimanan kepada Tuhan, bertaqwa, mandiri, berpikir kritis, dan mampu bergotong royong.

    Pihak sekolah sudah menggunakan Kurikulum Merdeka, yang di dalamnya selain program pembelajaran mata pelajaran, juga ada projek profil pelajar Pancasila.

    “Jadi semua mata pelajaran itu berkolaborasi dengan beberapa tema yang akan kita laksanakan dalam 3 tahun kedepan,” ujar Nurul, kepada wartabanjar.com.

    Kegiatan seperti ini, papar Wakasek, sudah dilaksanakan sejak tahun lalu, dengan total tiga projek.

    “Di tahun ini kita kembali melakukan projek lagi, dengan tema kearifan lokal, dengan mengangkat wadai (Kue) Banjar,” papar Wakasek.

    Ia juga menjelaskan pembelajaran bukan hanya bersifat materi pembelajaran saja. Tetapi juga membangun karaktek peserta didik.

    “Sehingga dapat membentuk profil yang kita harapkan, seperti dalam profil Pancasila,” jelasnya.

    Nurul juga menyampaikan, kegiatan ini sudah berlangsung selama tujuh hari, dimulai dengan literasi, agar siswa dapat mengtahui cara dan proses pembuatan kue.

    Baca Juga :   Tim Pemadam Kebakaran Berjibaku Padamkan Api di Alalak Tengah Banjarmasin

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI