Google Doodle Hari ini Rayakan Tempe Mendoan

WARTABANJAR.COMGoogle Doodle menampilkan ilustrasi tempe mendoan karya seniman lokal pada edisi Sabtu (29/10/2022).

Gambar Google Doodle hari ini bertajuk ‘Merayakan Tempe Mendoan’. Ya, tempe goreng tepung ini jadi tema Google Doodle hari ini.

“Doodle hari ini merayakan Tempe dan diilustrasikan oleh artis tamu Reza Dwi Setyawan yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia,” cuit Google Doodle di Twitter.

“Protein nabati bergizi ini adalah makanan fermentasi berusia 400 tahun yang berasal dari Indonesia,” sambung cuitan itu.

Dilansir wikipedia, mendoan adalah makanan sejenis gorengan yang berasal dari Eks Keresidenan Banyumas, Jawa Tengah.

Kata Mendoan sendiri berasal dari bahasa Banyumasan, yaitu mendo yang berarti setengah matang atau lembek.

Dengan demikian, Mendoan artinya kegiatan memasak dengan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga masakan tidak benar-benar matang.

Bahan makanan yang paling sering diolah menjadi mendoan adalah tempe dan tahu. Tempe mendoan mempunyai jenis tempe yang khusus, dengan ciri bentuk yang tipis.

Hindari mendoan yang sudah agak kehitaman, biasanya tempe mendoan yang dihasilkan rasanya agak sedikit pahit.

Nama tempe mendoan disematkan pada tempe tipis khusus walaupun masih belum digoreng, dengan tujuan untuk memudahkan dalam transaksi jual beli tempe dan juga untuk membedakan dengan jenis tempe yang lain.

Pengolahan tempe mendoan dapat dilakukan menjadi tiga macam, yaitu mendoan goreng basah, mendoan goreng kering dan juga keripik mendoan.(aqu)

Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini