Rishi Sunak Perdana Menteri Inggris, Rakyat India Girang

    WARTABANJAR.COM, LONDONRishi Sunak dipastikan menjadi Perdana Menteri (PM) Inggris pertama dari keturunan Asia, setelah dipastikan memenangkan pertempuran sebagai pemimpin partai Konservatif.

    Kepastian Rishi Sunak sebagai perdana menteri baru Inggris datang setelah Johnson memutuskan untuk melepas tawaran kembali ke politik pada Minggu (23/10/2022).

    Penny Mordaunt, saingan terakhir yang tersisa setelah Boris Johnson secara dramatis menarik diri, gagal mengamankan 100 nominasi yang diperlukan dari sesama anggota parlemen.

    Mantan menteri keuangan Inggris ini juga secara menakjubkan berhasil membalikkan keadaan hanya beberapa minggu setelah kalah dari Liz Truss untuk memimpin Tories yang berkuasa.

    Sunak, keturunan imigran Hindu yang kaya dari India dan Afrika Timur, telah melewati ambang batas itu pada Jumat (21/10/2022) malam, dan mengumpulkan hampir 200 nominasi publik – lebih dari setengah partai parlementer Tory.

    Sunak (42), politikus beragama Hindu, menjadi orang keturunan Asia pertama yang memimpin Inggris. Dia juga menjadi PM Inggris non-Kristen pertama dalam sejarah.

    Pengangkatan Sunak sebagai PM Inggris pun turut disambut meriah oleh warga India.

    Perdana Menteri India Narendra Modi bahkan segera mengucapkan selamat kepada Sunak setelah dipastikan terpilih menjadi pemimpin Inggris menggantikan Liz Truss yang mundur pada pekan lalu.

    “Selamat @RishiSunak! Saat Anda menjadi PM Inggris, saya berharap dapat bekerja sama secara erat dalam isu-isu global dan menerapkan Roadmap 2030,” kata Modi melalui kicauannya di Twitter.

    Baca Juga :   Dikira Bom, Vape Meledak Dalam Pesawat Membuat Ratusan Penumpang Panik dan Dievakuasi

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI