BNPB Pasang Alat Peringatan Dini Banjir di Desa Benteng Pengaron

    WARTABANJAR.COM, MARTAPURA –  Kabupaten Banjar, setiap tahun selalu dilanda bencana banjir. Kabupaten ini pun menjadi salah satu sasaran program prioritas nasional, sistem peringatan dini bencana banjir berbasis komunikasi.  

    Direktur Peringatan Dini BNPB Afrial Rosya audiensi dengan Bupati Banjar H Saidi Mansyur di Mahligai Sultan Adam Lantai 1 Martapura,Selasa (30/8)

    Afrial Rosya menyampaikan kepada Bupati Banjar bahwa kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana banjir yang setiap tahun terjadi di Kabupaten Banjar.

    Afrial menjelaskan kegiatan ini merupakan stimulan yang diberikan BNPB kepada Pemerintah Daerah dengan harapan alat atau perangkat ini bisa dikembangkan oleh daerah untuk bisa meningkatkan peringatan dini bencana banjir terutama di daerah tingkat resiko tinggi di Kabupaten Banjar.

    “Kegiatan akan dilaksanakan dengan dua kali workshop,pada hari ini dan 2 hari ke depan serta menetapkan jalur evakuasi masyarakat jika terjadi banjir,” katanya.

    Pada workshop kedua lanjut Afrial akan dilakukan gladi dan simulasi penanggulangan bencana dan ujicoba perangkat yang sudah dipasang sehingga bukan hanya alat saja yang berfungsi baik tapi masyarakat juga mumpuni dalam menindaklanjuti peringatan dini oleh perangkat tersebut.

    Afrial berharap Pemerintah Daerah bisa lebih mengembangkan peralatan-peralatan tersebut dengan melakukan pendampingan dari BNPB.

    Untuk Kabupaten Banjar Afrial mengungkapkan, peralatan tersebut akan dipasang di Desa Benteng Kecamatan Pengaron dengan tingkat resiko tinggi yang belum terpasang alat peringatan dini, dengan jumlah penduduk sekitar 2 ribu jiwa sebanyak 600 KK.

    Baca Juga :   Saidi Mansyur - Habib Idrus Ingin Ciptakan Iklim yang Kondusif Meski Banyak Perbedaan

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI