Tak Hanya Pertalite dan Solar, Beli Gas Elpiji 3 Kg Pun Bakal Wajib Pakai MyPertamina, Cek Tanggal Berlakunya

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN- Tak cuma Pertalite dan solar yang pembeliannya dibatasi dan harus menggunakan aplikasi MyPertamina, namun juga gas elpiji 3 kilogram.

    Hal itu dilakukan PT Pertamina (Persero) guna memperketat pembelian elpiji 3 Kg.

    Pengetatan pembelian akan dilakukan dengan mewajibkan pembeli mendaftar terlebih dulu ke MyPertamina, sama dengan yang mereka berlakukan pada pertalite.

    Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga (PPN), Mars Ega Legowo Putra mengatakan langkah ini dilakukan untuk memastikan penyaluran subsidi elpiji 3 kg bisa tepat sasaran.

    “Untuk LPG sebenarnya sama, nanti kami akan meminta register (di aplikasi MyPertamina),” ujarnya dalam diskusi virtual belum lama ini.

    Meski demikian, ia tidak menjelaskan kapan pembelian gas elpiji 3 kg ini akan mulai dilakukan melalui aplikasi.

    Walau begitu, ia menekankan hal itu sudah pasti dilakukan karena proses uji coba sudah dijalankan.

    “Sebetulnya kami sudah lakukan uji coba secara diam-diam di 114 ribu penduduk menggunakan MyPertamina. Kita sudah masuk ke tahapan 6 di uji coba yang kami lakukan,” jelasnya.

    Menurutnya, penggunaan uji coba ini dilakukan berkolaborasi dengan pemerintah karena masyarakat yang dilakukan uji coba itu adalah mereka yang telah terdaftar di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

    Namun, ke depannya Pertamina akan melakukan koordinasi lebih jauh terkait data DTKS dengan pihak terkait sebelum menerapkan pembelian gas elpiji 3Kg dengan MyPertamina.

    Sebab, saat dilakukan uji coba, penerima tidak mencapai 100 persen.

    “Sebab, data terbawah di data DTKS yang paling miskin tidak menggunakan elpiji. Jadi kami akan berkoordinasi dengan pemerintah apakah tetap menggunakan data DTKS atau menggunakan skema yang kami lakukan dalam pembatasan BBM subsidi nanti,” pungkasnya.

    Sebelumnya diwartakan bahwa Pertamina akan memberlakukan kebijakan penggunaan aplikasi MyPertamina bagi konsumen pertalite dan solar subsidi, per 1 Juli 2022.

    Kebijakan ini dimaksudkan agar subsidi energi bisa tepat sasaran dan tidak disalahgunakan.

    Baca Juga :   PKS Proses Pemecatan Anggota DPRD Singkawang Tersangka Kekerasan Seksual Anak

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI