1000 Lebih Jamban Apung di Sungai Perbatasan Kabupaten Banjar – Tapin Diberantas dengan Inovasi Gebrak’s

    WARTABANJAR.COM – Masyarakat sekitar sungai di perbatasan Kabupaten Banjar-Tapin sampai perbatasan Kabupaten Banjar-Kota Banjarmasin memanfaatkan sungai untuk keperluan rumah tangga dan penunjang aktivitas masyarakat. Karena aktivitas itu, sungai tercemar akibat adanya jamban terapung yang membuat sanitasi di daerah permukiman bantaran sungai menjadi buruk.

    Selama ini penyelesaian masalah sanitasi mendapat penolakan keras dari masyarakat berkaitan dengan kehidupan sosial budaya mereka. Untuk menanggulangi masalah sosial sekaligus memperbaiki kualitas sanitasi, Pemkab Banjar mengambil langkah dengan menciptakan Gerakan Bersama Realisasi Akses Sanitasi atau Gebrak’s.

    “Maka dicanangkanlah penghapusan jamban terapung pada 2016 yang lalu dengan inovasi Gebrak’s yang merupakan salah satu langkah Pemkab Banjar untuk meningkatkan kondisi sanitasi dan derajat kesehatan masyarakat terutama yang ada didaerah bantaran sungai,” ujar Sekretaris Daerah Mokhamad Hilman dalam Presentasi dan Wawancara Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2021.

    Tahun pertama diluncurkannya Gebrak’s, keberhasilan program terlihat dari bersedianya masyarakat utnuk membongkar jamban terapung secara swadaya. Target penghapusan jamban terapung sebanyak 1.000 buah selama 5 tahun (2016–2020) dengan realisasi penghapusan sebanyak 1.019 buah jamban terapung di tahun 2020, dengan total keseluruhan mencapai 9.000 jamban terapung.

    Inovasi yang masuk dalam Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2021 ini memiliki berbagai paket kebijakan penuntasan akses layanan air limbah menyeluruh dan berkelanjutan. Paket kebijakan itu adalah Gebrak Penghapusan Jamban Terapung, Gebrak Tangki Septik Standar Gratis Bagi Masyarakat, Gebrak Kewirausahaan Masyarakat di Sektor Air Limbah, dan Gebrak Kredit Layanan Sedot Tinja dan Tangki septik Standar Bagi ASN.

    Baca Juga :   Dishub Banjarbaru Belum Keluarkan Ijin Trayek Gara-Gara ini

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI