Cek Himbauan BMKG Saat Tsunami di Tonga Papua New Guinea dan Australia

    WARTABANJAR.COMTsunami akibat letusan gunung api bawah laut di Tonga, Papua New Guinea terjadi pada Sabtu, 15 Januari 2022 pukul 11.27 WIB.

    Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi erupsi gunung api bawah laut di wilayah Tonga dengan koordinat 20,5° LS; 175,4° BB memicu tsunami.

    Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) memberikan informasi bahwa erupsi gunung api tersebut berpotensi menimbulkan tsunami di wilayah Tonga, Papua New Guinea dan Australia.

    Berdasarkan hasil observasi muka laut yang dilakukan oleh PTWC, letusan gunung api tersebut menimbulkan tsunami di daerah Twofold Bay, Australia pada 15 Januari 2022 pukul 19.05 WIB dengan ketinggian 67 cm dan di daerah Lombrum Manus Island, Papua New Guinea pada15 Januari 2022 pukul 20.00 WIB dengan ketinggian 20 cm.

    Berdasarkan hasil observasi muka laut yang dilakukan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), letusan gunung api tersebut tidak menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia.

    Ancaman tsunami tersebut tidak menimbulkan bahaya di wilayah Indonesia.

    “Oleh karena itu, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tulis akun resmi info BMKG.(aqu)

    Editor Restu

    Baca Juga :   Wakapolda Jatim Kini Dijabat Kombes Pasma Royce

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI