Dewan Masjid dan Menteri Agama Akan Atur Penggunaan Pengeras Suara


    WARTABANJAR.COM, JAKARTA Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla akan menggandeng Kementerian Agama untuk mengatur penggunaan sound system masjid di Indonesia.

    “Kami dan Menteri Agama akan sama-sama agar sound system-nya (masjid) diatur, agar jangan saling mengganggu,” kata JK dalam keterangannya, Senin (25/10/2021).

    JK mengatakan, pengaturan sound system penting dilakukan. Sebab, di kota-kota dalam jarak 1 kilometer terdapat dua masjid. 

    Menurut mantan wakil presiden ini, secara teknis pengaturan sound system bukan hal yang terlalu sulit. Pasalnya, Kemenag dan DMI sama-sama menjangkau wilayah kecamatan. Sehingga, kata JK, koordinasi tidak sulit dilakukan.

    JK belum mengungkapkan kapan akan berkordinasi dengan Kementerian Agama menyoal sound system masjid tersebut. Tapi, bagi DMI, tata kelola tentang sound system masjid sudah disuarakan sejak lama. 

    JK mengatakan, pengelolaan tersebut terkait dengan suara pengajian, suara azan serta suara speaker dalam masjid. JK beberapa kali mengeluhkan suara speaker yang tak terdengar indah di dalam masjid. Padahal, jika dibandingkan, 80 persen orang dalam masjid adalah mendengar, sedangkan 20 persennya bercerita. (berbagai sumber)

    Editor: Erna Djedi

    Baca Juga :   Geger 7 Mayat Remaja Ditemukan Mengambang di Kali Bekasi, Polisi Amankan Belasan Orang

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI