Harapan Pemerintah RI dengan Resmi Dibukanya Konsul Kehormatan di Constanta, Rumania

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN-Indonesia resmi membuka Konsul Kehormatan RI di Constanta, Rumania, bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan ke 76 RI.

    Duta besar RI untuk Rumania dan Republik Moldova, Amhar Azeth menyerahkan Surat Keputusan Presiden RI kepada Konsul Kehormatan RI di Constanta Emil Sirbu, menandai resmi dibukanya Konsul Kehormatan di kota tersebut pada Selasa (17/8/2021).

    Dalam keterangan tertulis KBRI Bukares yang diterima di Jakarta, Rabu (18/8/2021), dikatakan bahwa Konsul Kehormatan RI di Kota Constanta juga merangkap sejumlah wilayah lain di Rumania, termasuk Tulcea, Braila, Galati, Giurgiu, Vaslui, Vrancea, Ilfov dan Prahova.

    Kehadiran perwakilan Indonesia di Constanta itu diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan hubungan bilateral RI dan Rumania, baik di bidang ekonomi, hubungan antarmasyarakat, maupun bidang-bidang lain yang memiliki potensi untuk digali lebih lanjut.

    Selain itu perwakilan tersebut juga diharapkan dapat memfasilitasi masuknya produk-produk asal Indonesia ke pasar Eropa, terutama di kawasan Eropa Timur dan sebaliknya.

    Constanta, sebagai kota pelabuhan di Rumania, terletak sekitar 227 kilometer ke arah timur dari ibu kota Rumania, Bukares.

    Sebaliknya, Indonesia juga dikatakan dapat menjadi jembatan bagi Rumania dalam rangka memperkuat hubungan dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

    Peresmian Konsul Kehormatan tersebut turut disaksikan oleh pejabat tinggi terkait di Rumania, termasuk State Secretary of the Ministry of Development, Public Works and Administration, Mihai Lupu dan Wali Kota Constanta, Vergil Chitac.

    Baca Juga :   Menko PMK: Daging Dam Jemaah Haji Indonesia Bakal Dikirimkan ke Indonesia

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI