Kalsel Kembangkan Integrasi Sawit-Sapi, Ini Tujuannya

    WARTABANJAR.COM, BANJARBARU – Guna mendorong aspek multi mafaat dari perkebunan sawit dan peternakan sapi, Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan terus melakukan mengembangkan integrasi sawit-sapi.

    Langkah konkret berbasis kemitraan tersebut tertuang dalam sebuah nota  penandatanganan MoU perjanjian kerjasama pelaksanaan Program Integrasi Sawit Berbasis Kemitraan Usaha Ternak Inti Plasma antara Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel dengan 8 perusahaan perkebunan, Jumat (2/7/2021).

    Kedelapan perusahaan itu adalah PT Saka Kencana Sejahtera, PT Citra Putra Kebun Asri, PT Hasnur Cipta Terpadu, PT Smart Tbk, PT Gawi Makmur Kalimantan, PT Candi Artha dan PT Buana Karya Bakti.

    Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA mengapresiasi kegiatan yang berlangsung di Hotel Rodhita Banjarbaru itu.

    Selain kegiatan MoU, juga digelar Rakor Rencana Aksi Daerah Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAD KSB) 2021-2024 Provinsi Kalsel.

    Turut hadir dalam dua agenda strategis itu Setditjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Ketua DPRD Provinsi Kalsel, Sekda Kalsel, Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Kalsel, Pimpinan Perusahaan Kelapa Sawit serta SKPD terkait.

    Safrizal memberikan atensi terhadap upaya peningkatan produksi perkebunan di Kalsel. Dia mengatakan, satu dari empat sektor yang memberikan devisa terbesar bagi  ekonomi Kalsel adalah  sektor perkebunan.

    Terkait percepatan swasembada sapi potong melalui integrasi Sawit Sapi Berbasis Kemitraan Usaha Ternak Inti Plasma (Siska Ku Intip).

    Melalui integrasi ini diharapkan dapat membantu pertumbuhan ekonomi kalsel melalui peningkatan produksi sapi, dengan memanfaatkan lahan perkebunan sawit. Integrasi ini juga diharapkan Safrizal dapat membantu menurunkan angka penggangguran di Kalsel.

    “Kalau peternakan sapi dikembangkan nanti juga bisa mengikuti untuk pengembangan bisnis produk turunannya. Seperti misalnya bisnis pengolahan daging menjadi produk lain, yang tentu dapat menyerap tenaga kerja,” ucap Safrizal.

    Baca Juga :   BREAKING NEWS H Muhidin-Hasnuryadi Sulaiman di Nomor Urut 1 dan Hj Raudatul Jannah-H Akhmad Rozanie di Nomor Urut 2 di Pilgub Kalsel

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI