Seniman HSU Hendra Royadi Terima Gelar Kehormatan dari Kesultanan Banjar


    WARTABANJAR.COM, AMUNTAI – Seniman asal Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan Hendra Royadi mendapatkan penghargaan dari Kesultanan Banjar berupa penyematan gelarkehormatan Astraprana.

    Penganugerahan gelar diberikan langsung Sultan Banjar Khairul Saleh pada Milad Ke-516 Kesultanan Banjar di Hotel Rattan In Banjarmasin belum lama ini.

    “Meski kami berkesenian bukan bertujuan meraih gelar atau penghargaan, namun saya mengucapkan terima kasih kepada Sultan Banjar atas penghargaan yang diberikan,” ujar Hendra Royadi di Amuntai, Sabtu (19/6).

    Hendra mengatakan, para pegiat seni dan budaya serta seluruh masyarakat akan terus bekerja dan berupaya memelihara serta menjaga agar Adat Budaya Banjar jangan sampai hilang ditelan zaman

    Ia menyampaikan, berdasarkan keterangan dari pihak Kesultanan Banjar, gelar kehormatan Astraprana diberikan kepadanya atas kiprah terbaik dalam berkarya seni dan turut menjaga adat tradisi serta budaya di Kalimantan Selatan.

    Selain itu, kata Hemdra, kiprah yang dilakukannya dalam berkesenian juga dinilai mendapat pengakuan dan menginspirasi banyak orang.

    Melalui pemberian penghargaan berupa gelar kehormatan Saptaprana ini pihak Kesultanan Banjar berharap dapat memotivasi warga banua agar turut menjaga dan melestarikan budaya daerah.

    Hendra menuturkan, dirinya mulai berkiprah dalam bidang seni budaya sejak bergabung dan mendirikan Sanggar AIR di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan sejak 21 tahun lalu

    Sebagai pendiri , ia juga turut aktif dalam berbagai pertunjukan theater baik di dalam maupun luar daerah. Bahkan di saat kondisi Pandemi COVID-19, Sanggar AIR yang dipimpinnya tetap menggelar pertunjukan secara live maupun virtual, sehingga Sanggar AiR termasuk salah satu sanggar seni di Kalsel yang sangat aktif menggelar pertunjukan seni budaya.

    Baca Juga :   Video Diduga Warga 'Hajar' Pelaku Pemerkosaan di Jalan Kelayan A Viral

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI