Sampah Bambu Penuhi Aliran Sungai HST, Warga Bersama TNI dan Polri Lakukan Ini


    WARTABANJAR.COM, BARABAI – Warga Desa Pajukungan dan Duriang Gantang bersama-sama dengan jajaran TNI dari Kodim 1002/Barabai, Polres HST, Dinal LHP, anggota BPBD serta para relawan BPK bahu-membahu membersihkan tumpukan sampah bambu yang menutupi sungai Barabai yang berada di Desa Pajukungan, Sabtu (15/5/2021).

    Tumpukan sampah yang rata-rata merupakan ranting-ranting kayu dan bambu tersebut dapat menyebabkan luapan sungai hingga banjir jika hujan deras dan dibiarkan tanpa dibersihkan.

    Pembakal Pajukungan Rusdiansyah mengatakan bahwa pembersihan sungai ini murni gotong royong dan kepedulian warga dalam mengantisipasi hal yang tidak diinginkan yaitu terjadinya Banjir.

    “Semoga dengan kita bergotong-royong membersihkan sampah ini, aliran sungai dapat kembali lancar tanpa adanya tumpukan sampah dan air dapat mengalir dengan deras tanpa ada yang menghalangi,” imbuhnya.

    Tumpukan sampah tersebut diangkut secara manual oleh para relawan dari sungai ke tebing, hal tersebut karena sulitnya alat berat masuk dan keterbatasan dana.

    Sementara itu, Plh Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD HST Hiriyani menyambut baik kegiatan pembersihan sungai yang dilakukan secara bersama-sama oleh warga Pajukangan dan Durian Gantang dan relawan yang bersinergi dengan beberapa instansi.

    “Mudah-mudahan tidak terjadi banjir lagi dan dengan dibersihkannya sungai ini, air dapat mengalir dengan lancar,” ucapnya.

    Sedangkan Danramil 1002-06/Barabai Kapten Inf Rudi Hartono mengatakan bahwa keterlibatan TNI dalam pembersihan sampah di sungai ini merupakan bentuk kepedulian kepada lingkungan dan membantu kesulitan rakyat.

    Baca Juga :   Mabuk Kecubung Resahkan Warga Banjarmasin, 'Seperti Mayat Hidup'

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI