Ingin Kucing Kalian Sehat? Jangan Berikan Makanan ini ke Mereka

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN-Memelihara kucing bagi sebagian orang adalah sebuah hobi menyenangkan.

    Banyak juga orang yang kemudian memberi makan kucing dengan makanan seadanya, misalnya nasi dicampur ikan, tulang ikan atau tulang ayam.

    Bagi manusia, karbohidrat seperti nasi adalah salah satu sumber energi utama yang menjadikan makanan ini tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari, terutama di Indonesia.

    Namun hal yang sama tidak berlaku untuk kucing.

    Oleh karena itu, dokter hewan menegaskan pentingnya menghentikan kebiasaan memberi nasi kepada kucing.

    Menurut dokter hewan Radhiyan Fadiar Sahistya, dikutip dari Antaranews Kalsel, kucing tidak mampu mencerna karbohidrat menjadi sumber energi secara baik, sebab energi utama kucing berasal dari protein.

    Saat kadar protein berkurang, kucing menggunakan lemak sebagai sumber energi.

    “Lantas apa akibatnya jika kucing mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat? Karena kucing tidak dapat mencerna karbohidrat dengan baik, maka efeknya adalah gula darah meningkat secara drastis,” kata Radhiyan dalam webinar “Pentingnya Gizi Pada Anjing dan Kucing di Masa Pandemi” yang tayang di YouTube, dikutip Minggu.

    Berlebihan memberikan nasi dapat mengakibatkan kasus diabetes kepada kucing, terutama kucing yang sudah menginjak usia dewasa.

    Ilustrasi kucing. Foto: istimewa

    Nutrisi

    Sama seperti manusia, memberikan makanan dengan nutrisi seimbang kepada hewan peliharaan juga penting agar “anak-anak bulu” bisa tumbuh dengan baik.

    Semua harus dalam porsi yang pas. Bila berlebihan, anjing atau kucing bisa mengalami gangguan ginjal, khususnya yang berusia di atas tujuh tahun.

    Dia menjelaskan, itulah mengapa makanan-makanan hewan peliharaan dari pabrik dipisahkan berdasarkan kategri usia, yakni makanan untuk anak kucing atau anjing juga untuk hewan yang sudah dewasa.

    Anak kucing atau anak anjing sebetulnya masih mendapat asupan nutrisi dari air susu induk.

    Baca Juga :   Dapat Ancaman dan Kekerasan, Korban Pencabulan di Bawah Umur Minta Perlindungan Polisi

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI